Polres Solo Siapkan Pos Screening dan Pengamanan Selama Nataru

Kompas.com - 25/12/2021, 09:12 WIB
Pos penyekatan tugu Makuto Solo, Jawa Tengah Arif NugrahadiPos penyekatan tugu Makuto Solo, Jawa Tengah

SOLO, KOMPAS.com - Saat libur natal dan tahun baru 2022, Kepolisian Resor Surakarta, Jawa Tengah menyiapkan tiga jenis pos guna menjamin kelancaran dan keamanan aktivitas masyarakat.

Kasatlantas Polresta Surakarta Kompol Adhytiawarman Gautama Putra mengatakan, pihaknya akan menyediakan beberapa pos pengamanan dan pelayanan saat nataru.

Baca juga: Viral, Video Pengendara Motor Ugal-ugalan Berakhir Kritis

"Untuk saat ini kita membuat pos terpadu Benteng Vastenberg, pos yang di pasar Klewer, dan 4 Pospam di Faroka, Makuto, Jurug, dan Joglo," kata Adhyt kepada Kompas.com, Jumat (24/12/2021).

Selama Operasi Lilin Candi 2021, Polresta Solo akan membentuk tiga jenis pos. Pertama adalah pospam yang tersebar di empat lokasi di batas kota. Kemudian pos pelayanan yang akan dirikan di Benteng Vastenburg.

Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi Ari Wibowo, pihak kepolisian, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Prawansa meninjau lokasi penyekatan di ruas Jalan Tol Solo-Ngawi, Minggu (26/4/2020).Dok. Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi Ari Wibowo, pihak kepolisian, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Prawansa meninjau lokasi penyekatan di ruas Jalan Tol Solo-Ngawi, Minggu (26/4/2020).

Selanjutnya ada pos terpadu yang merupakan pusat informasi yang dilengkapi fasilitas untuk memantau situasi keamanan dan ketertiban selama Natal dan Tahun Baru termasuk situasi pandemi.

Selanjutnya ada pos terpadu yang merupakan pusat informasi yang dilengkapi fasilitas untuk memantau situasi keamanan dan ketertiban selama Natal dan Tahun Baru termasuk situasi pandemi.

Baca juga: Berlaku Hari Ini, Simak Syarat Perjalanan Keluar Kota Selama Nataru

Sementara itu Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan, setiap pelaku perjalanan jauh nantinya akan dipantau sesuai ketentuan yang berlaku. Ia mengungkapkan Polresta Solo akan bekerja sama dengan semua pihak dalam rangka mendukung penanganan Covid-19 di Solo selama momentum Nataru.

Pemeriksaan syarat perjalananJasa Marga Pemeriksaan syarat perjalanan

Persyaratan itu baik berupa surat keterangan mudik, hasil tes swab negatif 1 x 24 jam, harus sudah vaksin Covid-19 lengkap, dan sebagainya. Selama pengamanan Nataru, semua pemudik yang masuk Solo akan didata.

Baca juga: Susah Dijual Lagi, Motor Bekas Jenis Sport Lagi Sepi Peminat

“Aturan sudah jelas. Kami berharap semua bisa bekerja sama agar tidak lagi muncul lonjakan kasus Covid-19 di Solo,” kata Ade.

Dengan adanya pos pengamanan, diharapkan masyarakat dapat melakukan perjalanan dengan nyaman, aman, lancar dan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.