Ridwan Kamil Pamer Honda Blade Tenaga Listrik

Kompas.com - 24/12/2021, 13:07 WIB
Ilustrasi konversi motor listrik Screenshot Instagram @ridwankamilIlustrasi konversi motor listrik
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Tren kendaraan listrik terus berkembang, tak hanya mobil listrik, tapi juga ada sepeda motor listrik. Bahkan buat mobil atau motor konvensional kini juga bisa dikonversi menjadi kendaraan listrik.

Seperti video yang diunggah Instagram @ridwankamil (24/12/2021), di sana terlihat satu unit Honda Blade 125 yang telah melakukan konversi dapur pacu, dari mesin bakar internal menjadi motor listrik.

Terlihat bahwa ubahan yang dilakukan motor ini memang berfokus pada sektor mesin saja. Sementara tampilan lainnya masih sama persis dengan motor standar.

Baca juga: Trayek Baru Suites Class PO Sinar Jaya, Jadi yang Pertama di Jalurnya

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ridwan Kamil (@ridwankamil)

Perubahan terlihat pada absennya knalpot, serta ruang bagasi yang berganti menjadi piranti elektronik penunjang motor listrik tersebut.

“Ini adalah motor yang sebenarnya, dulunya adalah motor bensin,” ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dalam video tersebut.

“Jadi sekarang ada dua pilihan, naik motor listrik baru, atau kepada mereka yang mayoritas terlanjur beli motor bensin, ternyata ada inovasi baru dari ESDM, tinggal mengubah, mencopot mesinnya, diganti dengan seperangkat motor listrik, kira-kira begitu,” kata dia.

Baca juga: Tidak Ada Ganjil Genap di Bandung Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Motor listrik hasil konversi dengan basis motor bebek Honda AstreaKompas.com/Donny Motor listrik hasil konversi dengan basis motor bebek Honda Astrea

Menurut Emil, sapaan akrabnya, pihaknya bakal memperbanyak bengkel-bengkel yang bisa mengubah motor konvensional menjadi motor listrik.

Sehingga masyarakat bisa memiliki kendaraan listrk, tanpa membeli kendaraan listrik baru. Selain itu, masyarakat juga bisa mengalihkan biaya rutin untuk BBM, untuk pengeluaran penting lainnya.

Dalam caption video tersebut juga ditulis, bahwa Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memfasilitasi perubahan surat-surat kendaraan sehingga bisa street legal secara normal.

Baca juga: Mobil Senggol Motor Saat Parkir, Sopir Bukan Damai Malah Main Pukul

Motor listrik hasil konversi dengan basis motor bebek Honda AstreaKompas.com/Donny Motor listrik hasil konversi dengan basis motor bebek Honda Astrea

Sebelumnya, Direktur Sarana Perhubungan Darat Kemenhub M. Risal Wasal, mengatakan, regulasi mengenai konversi kendaraan listrik sebetulnya sudah dikeluarkan Kementerian Perhubungan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.