Selama Natal dan Tahun Baru Penyekatan di Yogyakarta Dilakukan Situasional

Kompas.com - 24/12/2021, 10:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Skenario rekayasa lalu lintas berupa penyekataan jalan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas sudah disiapkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta dan ada kemungkinan diterapkan selama masa libur natal dan tahun baru.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan, penyekatan jalan mungkin saja dilakukan menjelang Natal dan Tahun Baru. Namun, penutupan jalan ini sifatnya situasional, saat benar-benar dibutuhkan.

Baca juga: Kecelakaan Beruntun di Jakarta Utara, 7 Kendaraan Ringsek

"Bila diperlukan siap kami lakukan, jadi sifatnya situasional dan kondisional. Antisipatif. Ini pasti akan membuat tidak nyaman, saya mohon maaf sebelumnya, karena langkah antisipatif ini menimbulkan ketidak nyamanan," kata Haryadi seperti dikutip Kompas.com, Kamis (23/12/2021).

Meskipun begitu, pengecekan acak terhadap pelaku perjalanan yang masuk ke wilayah Yogyakarta tetap akan dilakukan. Hal ini untuk memastikan setiap orang yang masuk sudah mengantongi surat hasil pemeriksaan covid-19 dan sudah divaksin.

Petugas Ditlantas Polda Lampung memeriksa kelengkapan syarat perjalanan bagi pengendara di Jalan Tol Lampung.Dok Ditlantas Polda Lampung Petugas Ditlantas Polda Lampung memeriksa kelengkapan syarat perjalanan bagi pengendara di Jalan Tol Lampung.

"Samplig antigen tetap ada. Mobil-mobil (antigen) kita siagakan di kecamatan-kecamatan yang tingkat aktivitasnya tinggi," kata dia.

Sedangkan untuk tempat wisata, Haryadi menegaskan untuk tidak menutup kawasan wisata Malioboro. Hanya saja nantinya di kawasan tersebut tidak akan diadakan acara perayaan tahun baru.

Baca juga: Mirip NMAX, Intip Calon Skuter Listrik Baru Yamaha

"Tidak ditutup bukan berarti bebas dikendalikan. Beberapa lokasi di tugu, Malioboro, titik nol tidak boleh ada perayaan. Kota tidak ada event ingar bingar, tidak ada," katanya.

Sementara itu pihak Polresta Yogyakarta juga sudah menyiapkan 1.119 personel untuk mengamankan malam tahun baru di Yogyakarta.

Polisi juga membangun empat pos pengamanan di empat titik, yaksi di Tugu, Teteg, Nol Kilometer, dan satu pos di Kotabaru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.