Catat, Ini Operasional Bus DAMRI Selama Libur Nataru 2022

Kompas.com - 17/12/2021, 18:12 WIB
Foto-foto Kantor Damri Perwakilan Tasikmalaya yang masih beroperasi melayani penumpang jurusan Tasikmalaya-Bengkulu bersama armada busnya meski perusahaan ini rugi sampai Rp 220 miliar tahun 2020 selama pandemi corona, Jumat (29/10/2021). KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHAFoto-foto Kantor Damri Perwakilan Tasikmalaya yang masih beroperasi melayani penumpang jurusan Tasikmalaya-Bengkulu bersama armada busnya meski perusahaan ini rugi sampai Rp 220 miliar tahun 2020 selama pandemi corona, Jumat (29/10/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, masyarakat memang tidak dilarang untuk bepergian. Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi pelaku perjalanan ketika ingin bepergian.

Syarat perjalanan tadi diatur dalam Surat Edaran Satgas COVID-19 Nomor 24 Tahun 2021 tentang Pengaturan Aktivitas dan Mobilitas Masyarakat Selama Periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dalam Masa Pandemi COVID-19.

Corporate Secretary DAMRI Sidik Pramono mengatakan, dalam rangka menyambut Nataru, DAMRI telah melakukan berbagai persiapan mulai dari penyediaan 1.679 armada bus yang telah melalui serangkaian inspeksi keselamatan.

Selain itu juga sudah dibuka penjualan tiket periode 18 Desember 2021 hingga 5 Januari 2022 yang dapat dilakukan melalui aplikasi DAMRI Apps, situs www.damri.co.id, Traveloka, Redbus, Alfamaret, dan Indomaret yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca juga: Bila PPnBM Permanen Diterapkan, Honda Jamin All New BR-V Menikmatinya

Naik bus DamriDOK. DAMRI Naik bus Damri

“Kami sebagai operator bus sangat peduli terhadap keamanan dan keselamatan pelanggan, salah satunya dengan mengatur batas kapasitas penumpang (load factor) maksimal 70 persen dari kapasitas tempat duduk, juga menerapkan jaga jarak konfigurasi seat 1-1,” ucapnya dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Jumat (17/12/2021).

Sebagaimana SE tersebut, syarat perjalanan yang diberlakukan DAMRI adalah:

- Menunjukkan sertifikat vaksin COVID-19 minimal dosis pertama melalui aplikasi PeduliLindungi. Bagi pelanggan dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan tidak dapat menerima vaksin, wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi.
- Menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 3x24 jam atau Rapid Test Antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Bus AKAP Damri rute Jakarta - YogyakartaDOK. DAMRI Bus AKAP Damri rute Jakarta - Yogyakarta

Kemudian, mengacu pada SE Satgas COVID tersebut, untuk pelanggan DAMRI usia di bawah 12 tahun belum diperbolehkan untuk melakukan perjalanan.Pelanggan yang tidak memenuhi persyaratan tidak diperkenankan untuk melakukan perjalanan.

“Khusus bagi pelanggan yang telah melakukan reservasi tiket namun ingin mengajukan refund atau reschedule, dapat mendatangi langsung loket resmi DAMRI maksimal 6 jam sebelum keberangkatan atau melalui email cs@damri.co.id,” tambah Sidik.

Di masa pandemi ini, terlebih masuknya varian baru COVID-19 Omicron di wilayah Indonesia, DAMRI mengajak seluruh pihak untuk tetap mematuhi ketentuan PPKM pada masa Nataru ini. Sebagai perusahaan penyedia layanan transportasi publik, DAMRI tetap hadir untuk melayani kebutuhan masyarakat pelanggan.

Bus Damri rute Ponorogo-SurabayaDOK. DAMRI Bus Damri rute Ponorogo-Surabaya

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.