Piaggio Siap Pasang Fitur Airbag pada Sepeda Motor

Kompas.com - 15/12/2021, 16:41 WIB
IIlustrasi berkendara Piaggio Dok. Piaggio IndonesiaIIlustrasi berkendara Piaggio
|

JAKARTA, KOMPAS.comPiaggio Group bersama Autoliv saat ini tengah berkolaborasi untuk mengembangkan sebuah airbag bagi sepeda motor.

Fitur yang dikembangkan khusus pada kendaraan roda dua ini dirancang untuk menjaga keselamatan pengendara yang lebih baik.

Kabarnya, airbag akan dipasangkan pada rangka kendaraan dan akan mengembang dalam hitungan milidetik.

Ide ini muncul setelah popularitas kendaraan roda dua yang bertenaga terus meningkat, hal tersebut didorong oleh urbanisasi yang meluas dan kepadatan perkotaan, serta kepraktisan dan kemudahan penggunaan kendaraan roda dua.

Baca juga: Saingi Mandalika, Sirkuit Sentul Direnovasi dan Ganti Nama Tahun Depan

Ilustrasi airbag yang telah meledak.garyeto.com Ilustrasi airbag yang telah meledak.

Seperti diketahui, skuter dan sepeda motor saat ini dilengkapi dengan sistem keselamatan canggih.

Seperti ABS (Antilock Braking System) dan ASR (Anti-Slip Regulation), dan penambahan airbag akan menjadi langkah lebih lanjut ke arah ini.

Mikael Bratt, CEO dan Presiden Autoliv, mengatakan, Autoliv berkomitmen untuk menyelamatkan lebih banyak jiwa dan menyediakan solusi keselamatan kelas dunia untuk mobilitas dan masyarakat.

“Oleh karena itu, kami mengembangkan produk yang secara khusus melindungi pengguna jalan yang rentan,” ujar Bratt, dalam keterangan resmi (15/12/2021).

Baca juga: Catat, Pemutihan Pajak Kendaraan di DKI Berlaku sampai Akhir Tahun

Ilustrasi Piaggio MP3 500Dok. Piaggio Indonesia Ilustrasi Piaggio MP3 500

“Pengembangan produk ini merupakan bagian integral dari agenda keberlanjutan kami dan langkah penting menuju tujuan kami untuk menyelamatkan 100.000 jiwa per tahun pada tahun 2030”, kata dia.

Autoliv telah mengembangkan konsep awal dengan alat simulasi canggih dan melakukan uji tabrakan skala penuh.

Autoliv sekarang akan bekerja dengan Piaggio Group untuk mengembangkan produknya secara lebih lanjut dan potensi untuk mengkomersialkan konsep tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.