Jelang Libur Nataru, Ganjil Genap Kembali Diberlakukan di Tasikmalaya

Kompas.com - 15/12/2021, 14:12 WIB

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Jelang masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), Kota Tasikmalaya akan memberlakukan kembali sistem lalu lintas ganjil genap di pusat kota.

Kebijakan ganjil genap ini telah dikonfirmasi Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf, Rabu (15/12/2021), sebagai langkah menekan angka kerumunan masyarakat.

"Sistem ganjil genap akan diberlakukan kembali menjelang libur Nataru nanti. Sekarang masih kita bahas bersama seluruh unsur lembaga Satgas Covid-19 termasuk Kepolisian dan TNI," ungkap Yusuf, menyitat Kompas.com.

Baca juga: Saingi Mandalika, Sirkuit Sentul Direnovasi dan Ganti Nama Tahun Depan

Meski Kota Tasikmalaya sudah berstatus PPKM Level 2, Pemerintah Kota (Pemkot) tidak ingin mengambil risiko adanya penyebaran Covid-19 varian baru akibat mobilitas masyarakat saat periode libur Nataru mendatang.

Ganjil genap ini akan diterapkan di Jalan HZ Mustofa, dimulai dari depan Masjid Agung Kota Tasikmalaya hingga perempatan Nagarawangi sebagai pusat perekonomian.

Lebih lanjut Yusuf menyebutkan, khusus pada malam tahun baru, pihaknya sudah bersepakat untuk menutup Jalan HZ Mustofa satu malam penuh hingga keesokan pagi harinya.

Lantas untuk titik-titik yang berpotensi menimbulkan keramaian seperti Alun-alun dan Taman Kota Tasikmalaya tidak luput dari penutupan sementara.

Baca juga: Mobil yang Pakai Pelat Dewa Minta Jalan Tanpa Dikawal, Enggak Usah Minggir

Ganjil Genap di Jalan Tol

Arus lalu lintas di Tol Tangerang-MerakIstimewa Arus lalu lintas di Tol Tangerang-Merak

Bukan hanya di Tasikmalaya, sejumlah daerah turut menerapkan skema ganjil genap di wilayah administrasinya masing-masing guna mencegah terjadinya kepadatan lalu lintas, menekan angka kerumunan, dan mengurangi potensi penularan Covid-19.

Tidak terbatas di jalan dalam kota dan perbatasan antar daerah, ganjil genap juga bakal diberlakukan di sejumlah ruas tol saat Libur Nataru mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.