Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piaggio Menang di Pengadilan, Peugeot Tidak Boleh Jualan Metropolis

Kompas.com - 21/09/2021, 13:05 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Piaggio membuat sensasi dengan menghadirkan skuter matik (skutik) roda tiga dengan dua roda di depan, yakni MP3. Model ini juga diikuti oleh pabrikan lain, salah satunya Peugeot dan Yamaha.

Peugeot dan Yamaha memiliki skutik yang serupa. Peugeot dengan Metropolis, sedangkan Yamaha mengeluarkan Tricity.

Baca juga: Komparasi Rasa Berkendara Piaggio MP3 500 HPE dan Qooder

Pada pertengahan 2015, Piaggio menggugat Peugeot dan Yamaha atas pelanggaran paten yang berkaitan dengan arsitektur teknis dari dua roda depan yang miring dan desain MP3.

Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance Foto: Istimewa Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance

Secara khusus, Piaggio meminta penarikan dari pasar Peugeot Metropolis 400 yang dijual sejak 2013, dimulai pada 27 Oktober 2014.

Dikutip dari Moto.it, Selasa (21/9/2021), dari Pontedera memberi tahu bahwa baik Pengadilan Paris dan Pengadilan Biasa Milan, dengan hukuman yang dikeluarkan beberapa hari terpisah satu sama lain, telah memvonis Peugeot Motocycles karena pemalsuan, dengan model Peugeot Metropolis, dari Eropa paten yang berkaitan dengan teknologi skuter roda tiga MP3.

Baca juga: Komparasi Skutik Premium Piaggio MP3 dan Qooder

Paten yang menjadi subyek penilaian yang menguntungkan, masih dapat diajukan banding karena merupakan penilaian tingkat pertama, menyangkut pengendalian sistem yang memungkinkan kendaraan roda tiga miring ke samping seperti sepeda motor konvensional.

Yamaha Tricity 300 hadir di Tokyo Motor Show 2019Foto: JULIO MOREIRA Yamaha Tricity 300 hadir di Tokyo Motor Show 2019

Secara khusus, Pengadilan Milan melarang Peugeot Motocycles di wilayah Italia untuk mengimpor, mengekspor, memasarkan, dan mengiklankan juga melalui internet, Peugeot Metropolis, serta menetapkan denda sebesar 6.000 euro untuk setiap kendaraan yang terjual setelah jangka waktu 30 hari sejak ketok palu.

Selanjutnya, Peugeot Motocycles harus menarik semua kendaraan dari pasar di Italia dalam waktu 90 hari, di bawah hukuman denda tambahan 10.000 euro untuk setiap hari keterlambatan dalam melaksanakan pesanan.

Peugeot Metropolis Allure 400 tawarkan skutik perkotaan dengan feeling berkendara yang berbedaKompas.com/Setyo Adi Peugeot Metropolis Allure 400 tawarkan skutik perkotaan dengan feeling berkendara yang berbeda

Untuk pelanggaran yang sama, Peugeot Motocycles dijatuhi hukuman di Perancis dengan kompensasi yang dihitung dalam 1,5 juta euro, di samping denda lebih lanjut untuk pelanggaran dan biaya hukum.

Putusan Pengadilan Paris kemudian menetapkan larangan bagi Peugeot Motocycles di wilayah Prancis dari produksi, promosi, pemasaran, impor, ekspor, penggunaan dan/atau kepemilikan skuter roda tiga yang menggunakan sistem kontrol yang dipatenkan oleh Piaggio Group. Jika tidak, Peugeot wajib membayar denda kompensasi untuk setiap objek pemalsuan kendaraan.

Sejauh ini, yang disebutkan hanya Peugeot Motorcycles. Belum ada keputusan lebih jauh mengenai gugatan terhadap Yamaha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com