Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba GanjIl Genap, Polda Banten Putar Balik Ratusan Kendaraan

Kompas.com - 14/12/2021, 15:41 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Penerapan pembatasan mobilitas masyarakat jelang libur natal 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru) mulai diterapkan oleh beberapa Pemerintah Daerah.

Seperti uji coba ganjil genap yang dilakukan oleh Polda Banten di kawasan Pandeglang, Banten, pada Sabtu (11/12/21).

Hasilnya, ratusan kendaraan diputarbalik oleh petugas di tiga titik lokasi penjagaan. Lokasi pertama di perbatasan Pandeglang-Serang, Jalan Raya Pandeglang. Kedua, di Jalan Raya Carita Anyer, dan ketiga, di Terminal Kadubanten.

Baca juga: Belajar dari Kasus Fortuner, Jangan Abai Konsentrasi Saat Berkendara

“Saat uji coba dan sosialisasi ganjil genap Sabtu (11/12) lalu, Polres Pandeglang memberi penjelasan secara lisan, menggunakan brosur, papan pengumuman dan memutarbalikkan sekitar 150-200 kendaraan,” ucap Kabid Humas Polda Banten Kombes. Pol. Shinto Silitonga, Minggu (12/12/21).

Penyekatan kendaraan yang mengarah ke pantai Anyer dan Carita pada Sabtu (4/9/2021).ANTARA/Mulyana Penyekatan kendaraan yang mengarah ke pantai Anyer dan Carita pada Sabtu (4/9/2021).

Pelaksanaan sosialisasi dan uji coba ganjil genap di wilayah Pandeglang menindaklanjuti Instruksi Mendagri No.66 Tahun 2021, khususnya tentang pemberlakuan ganjil genap di tempat wisata.

“Uji coba dan sosialisasi ganjil genap Polres Pandeglang juga bersamaan dengan Polres Cilegon, melibatkan stakeholder lainnya, kegiatan serupa akan dilaksanakan pada Sabtu depan mengingat Sabtu menjadi puncak aktivitas masyarakat ke tempat wisata di Pandeglang,” kata Shinto.

Baca juga: Merasakan Sensasi Berkendara All New Ertiga Suzuki Sport

Uji coba ganjil genap ini dilakukan sejak pukul 08.00 hingga 15.00 WIB, pada Sabtu dan Minggu.

Tak hanya itu, rencananya Polda Banten juga akan memberlakukan kebijakan ganjil genap di Tol Tangerang-Merak yang akan dibelakukan pada masa libur natal dan tahun baru mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2021.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com