Kompas.com - 05/12/2021, 18:02 WIB
Spooring ban secara rutin menjaga kemungkinan buruk efek jalan rusak. Jakarta BanSpooring ban secara rutin menjaga kemungkinan buruk efek jalan rusak.
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Perawatan terhadap kaki-kaki atau roda pada mobil melalui spooring dan balancing merupakan salah satu kegiatan yang tak boleh dilewatkan guna menjaga keamanan serta keselamatan berkendara.

Pasalnya, melalui spooring dan balancing, mobil akan terhindar dari gejala tidak stabil atau seakan-akan berbelok sendiri padahal kemudi lurus, maupun permukaan ban aus secara tidak merata.

"Tapi patut dipahami bila keduanya merupakan aktifitas perawatan mobil yang berbeda," kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000.

Baca juga: Waspada Efek Abu Vulkanik, Bikin Filter Udara Mobil Jadi Kotor

Balancing ban trukFLICKR Balancing ban truk

Spooring adalah alignment atau proses untuk meluruskan kembali atas kedudukan empat roda mobil seperti awal, sesuai dengan settingan pabrik.

Biasanya, dua roda depanlah yang akan diluruskan dan diatur kembali agar kondisinya seperti sedia kala. Sedangkan balancing merupakan penyesuaian atau upaya menjaga keseimbang pada titik atas bawah atau kiri kanan roda, dengan cara menambahkan timah pada bagian yang kurang.

Proses ini biasanya ini dilakukan setelah penggantian ban atau pelek, dan apabila kilometernya sudah mencapai batas untuk balancing.

"Spooring dan balancing wajib dilakukan secara rutin agar performa mobil tetap prima dan memberikan kenyamanan saat berkendara," kata dia.

Baca juga: Lalu Lintas Hari Kedua Uji Coba Ganjil Genap Depok Lebih Lancar

Ilustrasi spooring dan balancing roda mobilSTANLY RAVEL Ilustrasi spooring dan balancing roda mobil

Sedikitnya ada empat alasan mengapa spooring dan balancing roda mobil mesti rutin dilakukan, yaitu;

1. Menghindari setir bergetar

Setir mobil bergetar jika tidak pernah dilakukan spooring. Getaran terasa saat mobil dipacu di jalanan lurus dengan kecepatan lebih dari 60 kpj. Kondisi ini tentu membahayakan pengemudi dan penumpang mobil.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.