Lalu Lintas Hari Kedua Uji Coba Ganjil Genap Depok Lebih Lancar

Kompas.com - 05/12/2021, 16:41 WIB
Kemacetan terpantau di Jalan Raya Margonda tepatnya di titik ITC Depok mengarah ke persimpangan Ramanda-Jalan Arif Rahman Hakim pada Minggu (5/12/2021) siang. KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJOKemacetan terpantau di Jalan Raya Margonda tepatnya di titik ITC Depok mengarah ke persimpangan Ramanda-Jalan Arif Rahman Hakim pada Minggu (5/12/2021) siang.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok mengklaim bahwa arus lalu lintas pada hari kedua uji coba sistem ganjil genap di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, lebih lancar dibandingkan kemarin.

Pasalnya, pada hari kedua masyarakat lebih banyak mengetahui apabila pembatasan mobilitas melalui kebijakan terkait tengah berlangsung. Jadi, tidak ada penumpukkan yang parah.

"Kalau kita saksikan di hari ini dengan kemarin di jam yang sama, saya lihat lebih kondusif. Saya kemarin di titik ini (Simpang Ramanda)," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Eko Herwiyanto, Minggu (5/12/2021).

Baca juga: Hari Pertama Uji Coba Ganjil Genap di Depok, 320 Mobil Diputar Balik

Petugas melakukan penyekatan ganjil genap di Kota Bandung, Jawa Barat. ANTARA/HO-Humas Pemkot Bandung Petugas melakukan penyekatan ganjil genap di Kota Bandung, Jawa Barat.

Lancarnya arus lalu lintas hari ini, lanjut dia, merupakan hasil sosialisasi kebijakan ganjil genap dari Dshub Kota Depok dan Satuan Lalu Lintas Polres Metro Depok.

“Hari pertama itu praktis banyak orang yang belum paham ada ganjil genap. Masih banyak mobil pelat ganjil yang ke kiri (padahal harusnya lurus). Ini hari kedua yang ganjil sudah mulai di kanan,” ujar Eko.

Diketahui, Polres Metro Depok bersama Dihub menyiapkan enam pos pemeriksaan saat pelaksanaan uji coba penerapan ganjil-genap di Jalan Margonda Raya.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Depok Kompol Jhoni Eka Putra mengatakan, enam pos pemeriksaan tersebut tersebar di sejumlah titik.

Baca juga: Begini Cara Aman Berkendara Saat Kondisi Hujan Abu Vulkanik

Uji coba sistem ganjil genap telah diberlakukan di di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (4/12/2021), sebagai salah satu cara mengurai kemacetan. KOMPAS.com/Muhamad Isa Bustomi Uji coba sistem ganjil genap telah diberlakukan di di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (4/12/2021), sebagai salah satu cara mengurai kemacetan.

Titik-titik tersebut yakni Terminal Margonda, Simpang Ramanda dan Flyover Universitas Indonesia (UI) atau sebelum pos polisi dari arah Lenteng Agung.

Kemudian, Flyover UI dari arah Jalan Komjen Pol M Yasin, Exit Tol Margonda dari arah Kukusan, serta u-turn Juanda atau on off ramp Margonda.

Total petugas yang dikerahkan berjumlah 150 personel terdiri dari personel Polres, Dishub, Satpol PP, dan TNI. Adapun petugas yang dikerahkan dibagi menjadi dua shift, yaitu pukul 12.00-15.00 WIB dan pukul 15.00-18.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.