Kompas.com - 05/12/2021, 12:41 WIB
Valentino Rossi selalu mengandalkan helm AGV dan wearpack Dainese sejak balapan di kelas 125 cc pada 1996 Dok. DaineseValentino Rossi selalu mengandalkan helm AGV dan wearpack Dainese sejak balapan di kelas 125 cc pada 1996
|


TAVULLIA, KOMPAS.com - Valentino Rossi resmi pensiun setelah musim 2021. Setelah 26 tahun berkarir di balapan motor, Rossi merupakan salah satu legenda kelas premier MotoGP.

Pensiun di umur 40 tahun lebih merupakan pembelajaran buat pebalap muda. Rossi mengatakan selama karirnya ada satu hal yang bisa dijadikan acuan buat pebalap lain.

Baca juga: Sirkuit Le Mans Paling Banyak Makan Korban Selama MotoGP 2021

“Saya selalu memberikan segalanya sepanjang waktu untuk menjadi yang terbaik," katanya mengutip Tuttomotoriweb.it, Minggu (5/12/2021).

Pebalap Petronas Yamaha SRT Italia Valentino Rossi melambai tangan setelah balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo di Cheste pada 14 November 2021.AFP/JOSE JORDAN Pebalap Petronas Yamaha SRT Italia Valentino Rossi melambai tangan setelah balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo di Cheste pada 14 November 2021.

"Banyak yang belum lahir (pebalap lain) ketika saya mulai balapan dan terkadang sangat sulit untuk saya pahami, bahkan jika itu membuat saya sangat bangga," katanya.

"Bukan untuk saya mengatakan bahwa saya seperti Michael Jordan, tetapi saya merasakan cinta yang besar untuk saya," kata Rossi.

Secara tersirat The Doctor tahu bahwa dia ikut mempopulerkan MotoGP. Namanya berada di mana-mana, warna kuning kebanggaannya pun selalu memenuhi tribun sirkuit.

Baca juga: Sirkuit Le Mans Paling Banyak Makan Korban Selama MotoGP 2021

Para pebalap VR46 Riders Academy menggunakan helm replika Valentino RossiDok. vr46ridersacademyofficial Para pebalap VR46 Riders Academy menggunakan helm replika Valentino Rossi

"Jika saya pergi ke Thailand saya melihat 46 di moped, itu istimewa," katanya.

"Berbeda dengan ketika saya berusia dua puluh tahun, saya menderita saat itu: itu berdampak besar pada hidup saya, sekarang saya menjalaninya dengan lebih baik," kata Rossi.

"Pokoknya mungkin ini yang membedakan saya dengan pebalap lainnya,” ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.