BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Hyundai

Hyundai CRETA, Produk Perdana Pabrik Hyundai di Indonesia Resmi Diluncurkan

Kompas.com - 30/11/2021, 16:47 WIB

KOMPAS.com – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) secara resmi meluncurkan Hyundai CRETA. Seri mobil sport utility vehicle (SUV) terbaru tersebut diluncurkan bersamaan dengan pembukaan pergelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, Kamis (11/11/2021).

Pameran itu berlangsung hingga Minggu (21/11/2021) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten.

Perusahaan otomotif asal Korea Selatan itu menawarkan Hyundai CRETA dalam empat varian, yakni Active, Trend, Style, dan Prime. Keempat varian ini dibanderol mulai Rp 279 juta sampai Rp 399 juta.

Pada sambutannya, President Director HMID Sung-jong Ha mengatakan bahwa Hyundai CRETA merupakan produk perdana yang dikeluarkan dari pabrik Hyundai di Indonesia. Hal ini merupakan capaian baru HMID dalam mewujudkan visi perusahaan.

“Hyundai CRETA merupakan produk buatan Indonesia yang diperuntukkan bagi pelanggan Indonesia. Produk ini tentu akan memberikan pengalaman berkendara yang baru bagi pelanggan kami,” ujar Sung-jong dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (12/11/2021).

Senada dengan Sung-jong, Chief Operating Officer HMID Makmur mengatakan, sebagai produk yang didesain khusus untuk masyarakat Indonesia, Hyundai CRETA akan memperkuat posisi Hyundai sebagai game changer di industri otomotif Indonesia.

Baca juga: Hyundai Mau Ekspor Creta Produksi Indonesia

“Kami berharap, CRETA mendapatkan tempat yang istimewa di hati masyarakat Indonesia,” jelas Makmur.

Eksterior stylish dan interior berkelas

Hyundai CRETA memiliki tampilan stylish yang menarik perhatian dan cocok untuk memenuhi gaya hidup urban masyarakat Indonesia.

Contohnya, penggunaan lampu Parametric Jewel Hidden-Type DRL pada sisi depan mobil. Lampu ini menonjolkan keunikan CRETA.

Karakteristik tersebut juga terdapat pada High Mounted Stop Lamp (HMSL) di sisi belakang. Kombinasi keduanya semakin memberikan kesan kendaraan berteknologi tinggi.

Selain kesan high tech, tampilan luar mobil juga tampak sporty berkat pelek Diamond Cut Alloy Wheels berukuran 17 inci.

Hyundai CRETA tersedia dalam berbagai warna eksterior, antara lain Creamy White Pearl, Magnetic Silver Metallic, Titan Grey Metallic, Midnight Black Pearl, Glowing Silver Metallic, dan Galaxy Blue Pearl.

Kemudian, Dragon Red Pearl, Magnetic Silver Metallic with Black Roof, Dragon Red Pearl with Black Roof, dan Creamy White Pearl with Black Roof.

Kecanggihan Hyundai CRETA tak hanya terlihat dari sisi eksterior. Hyundai juga menawarkan berbagai fitur canggih dan berkelas yang menjadikan CRETA produk unggulan dan terdepan di kelasnya.

Beberapa di antaranya adalah Cooled Glove Box, yakni laci dashboard yang dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan makanan dan minuman agar tetap segar, serta Ambient Mood Lamp dan Panoramic Sunroof yang menciptakan kesan dan suasana mewah selama berada di dalam Hyundai CRETA.

Kemudian, untuk memberikan kesejukan serta meningkatkan kenyamanan penumpang dan pengemudi, Hyundai CRETA mengusung Ventilated Seat. Suhu pada kursi ini bisa diatur sesuai preferensi pengguna.

Dengan fitur Ventilated Seat, suhu pada kursi Hyundai CRETA bisa diatur sesuai preferensi pengguna. PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Dengan fitur Ventilated Seat, suhu pada kursi Hyundai CRETA bisa diatur sesuai preferensi pengguna.

Bagi pengemudi, CRETA juga menyediakan panel layar Full TFT LCD Meter Cluster berukuran 10,25 inci. Layar ini dapat menampilkan berbagai informasi penting saat berkendara sehingga memudahkan pengemudi.

Layar tersebut hadir dengan tampilan digital sebagai akses ke berbagai pengaturan fitur kenyamanan, termasuk pengaturan warna tampilan pada panel instrument cluster. Pengaturan warna ini dapat berubah sesuai dengan mode berkendara atau driving mode.

Dari sisi infotainment, CRETA dilengkapi dengan layar Display Audio berukuran 8 inci. Fitur audio ini memiliki berbagai fitur yang dapat terhubung ke smartphone pengguna.

Adapun perangkat tersebut terhubung ke delapan unit speaker BOSE Premium Sound System yang memberikan suara jernih dan nyaman didengar.

Untuk diketahui, pengguna CRETA dapat memilih dua varian warna interior, yakni Full Black dan Black/Cognac Brown Two-tone.

Teknologi inovatif Hyundai Bluelink

Kebaruan berikutnya yang disematkan HMID pada Hyundai CRETA adalah teknologi inovatif terbaru Hyundai Bluelink. Melalui inovasi connected car service, pengguna dapat terhubung dengan mobil mereka melalui smartphone.

Kehadiran Hyundai Bluelink membuat pemilik CRETA dapat mengakses dan menjalankan berbagai fungsi penting hanya lewat genggaman.

Contohnya, mengetahui kondisi kendaraan saat ini, menghidupkan dan mematikan mesin, mengatur suhu kabin, mengunci dan membuka kunci pintu, menyalakan klakson, menyalakan dan mematikan lampu, serta mengetahui lokasi parkir kendaraan.

Selain itu, melalui Hyundai Bluelink, pelanggan juga dapat mengakses fitur Stolen Vehicle Notification dan Stolen Vehicle Tracking yang akan aktif saat terjadi pencurian kendaraan.

Dengan kedua fitur tersebut, pengguna akan mendapatkan notifikasi di smartphone sehingga mereka dapat mengidentifikasi dan melacak posisi terkini mobilnya.

Fitur-fitur tersebut didukung oleh layanan Stolen Vehicle Immobilization. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk menghubungi Call Center HMID dan meminta penghentian operasi mobil yang dicuri sementara waktu.

Fitur lain pada Hyundai Bluelink yang juga membantu menjaga keamanan pengguna adalah Auto Collision Notification (CAN), tombol SOS atau Emergency Assistance, dan Roadside Assistance (RSA). Ketiga fitur ini bisa digunakan pemilik mobil saat mengalami situasi darurat, seperti membutuhkan bantuan medis atau pertolongan saat mobil mengalami kerusakan.

Kemudian, melalui teknologi Hyundai Bluelink, pemilik mobil dapat memastikan kendaraan dalam kondisi prima.

Baca juga: Kupas Fitur Hyundai Bluelink di Hyundai Creta

Pasalnya, teknologi tersebut telah dilengkapi dengan Manual/Automatic Diagnostic Report yang dapat mendiagnosis dan memberikan laporan, baik secara manual maupun otomatis, saat terjadi kejanggalan pada mobil.

Kemudian, pengguna juga bisa mendapatkan Driving Information and Vehicle Health Report secara bulanan. Laporan ini juga berisi berbagai aktivitas yang dilakukan mobil.

Tak hanya itu, dengan fitur Vehicle Status Check/Notification, pengguna Hyundai CRETA juga bisa memperoleh informasi mengenai kondisi perawatan mobil dalam bentuk notifikasi pada aplikasi di smartphone.

Keamanan pengguna CRETA juga akan semakin terjaga dengan kehadiran fitur Hyundai Bluelink lain, seperti Geo-Fence Notification yang berfungsi untuk mengatur perimeter atau batasan digital pada mobil. Fitur ini juga akan menginformasikan kepada pemilik mobil apabila batasan tersebut dilewati.

Kemudian, fitur Speed Notification yang berguna untuk mengatur batas kecepatan mobil dan Time-Fence Notification untuk mengatur batas waktu operasional mobil.

Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur Valet Mode yang berfungsi untuk melindungi mobil saat sedang menerima layanan parkir valet dan Idling Time Notification untuk memberi peringatan bila mesin mobil menyala melebihi batas waktu yang ditetapkan.

Fitur keamanan dan Hyundai SmartSense

Hyundai CRETA telah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan terdepan yang mendukung pelanggan untuk mengemudi lebih aman, seperti Hill-Start Assist Control (HAC). Fitur ini membantu mencegah mobil bergerak mundur tanpa disengaja saat berhenti pada kondisi tanjakan.

Kemudian, Emergency Stop Signal (ESS). Fitur ini dapat menyalakan lampu hazard secara otomatis saat mengerem mendadak.

Ada pula Vehicle Stability Management (VSM), yakni sistem yang membantu menjaga kestabilan kendaraan saat meningkatkan kecepatan atau melakukan pengereman secara mendadak pada kondisi jalanan yang basah, licin, dan tidak mulus.

Tak hanya itu, Hyundai CRETA juga dilengkapi dengan Hyundai SmartSense. Sistem ini dapat membantu memantau area sekitar dan memberikan keamanan lebih dari potensi bahaya saat mengemudi.

Salah satu fitur unggulan Hyundai SmartSense adalah Forward Collision-Avoidance Assist (FCA). Dengan fitur ini, pengguna bisa mendapatkan peringatan potensi risiko tabrakan dari depan secara otomatis.

Bahkan, mobil dapat mengerem secara otomatis jika sistem mendapati adanya potensi tabrakan yang akan terjadi dengan kendaraan dan juga pejalan kaki di area depan mobil.

Selain itu, ada pula Lane Keeping dan Lane Following Assist (LKA & LFA). Kedua fitur ini akan membantu mobil tetap berada di dalam marka jalan melalui informasi visual dan audio. Fitur ini juga dapat membantu mengembalikan mobil ke posisi ideal apabila keluar dari jalur.

Fitur keselamatan CRETA juga ditingkatkan dengan kehadiran Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA). Fitur BCA dapat mendeteksi dan memantau kendaraan yang datang dari belakang untuk membantu menghindari potensi tabrakan.

Fitur Lane Keeping dan Lane Following Assist pada Hyundai CRETA membantu mobil tetap berada di dalam marka jalan melalui informasi visual dan audioPT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Fitur Lane Keeping dan Lane Following Assist pada Hyundai CRETA membantu mobil tetap berada di dalam marka jalan melalui informasi visual dan audio

Fitur itu juga bisa mengaktifkan rem secara otomatis jika diperlukan. Sistem keamanan ini juga mencakup situasi saat pelanggan melakukan parkir paralel.

Selanjutnya, terdapat pula Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) yang berfungsi saat mobil melakukan posisi parkir mundur.

Fitur tersebut memiliki sensor yang akan mendeteksi kendaraan yang mendekat dari sisi kiri atau kanan belakang, memberikan peringatan audio, dan mengaktifkan rem secara otomatis bila diperlukan.

Desain dan fitur suka-suka

Demi memenuhi gaya hidup urban masyarakat Indonesia, Hyundai menghadirkan layanan My Own CRETA guna memberikan keleluasaan kepada pelanggan untuk memilih fitur serta tampilan CRETA sesuai dengan kebutuhan, preferensi, dan minat pengguna.

Layanan spesial itu khusus disediakan untuk Hyundai CRETA varian Trend. Untuk menikmati layanan ini, pelanggan bisa mengakses platform Click to Buy di laman resmi HMID.

Baca juga: Berikan Keleluasaan Lebih Sesuai Preferensi Konsumen Indonesia, Hyundai Hadirkan Layanan My Own CRETA

Melalui platform tersebut, pengguna dapat memilih 10 paket fitur, 10 pilihan warna eksterior, dua pilihan warna interior, dan tiga jenis radiator grille atau Day-time Running Light. Semua opsi ini membuat Hyundai CRETA dapat dikombinasikan hingga 9.000 variasi.

Adapun 10 paket fitur yang bisa dipilih pengguna adalah Sport, Lighting, Sun Roof + Two-tone Roof, Premium, Outdoor, BOSE Sound, Air Purifier, Body Kit, Red Color Pack, dan High Tech.

Performa berkendara

Dari segi performa, Hyundai CRETA mengusung mesin bensin Smartstream 1,5 liter yang dilengkapi dengan sistem transmisi manual 6 percepatan atau Intelligent Variable Transmission (IVT).

Dengan sistem itu, mobil dapat memaksimalkan efisiensi bahan bakar sekaligus memberikan pengalaman berkendara yang mulus dan responsif.

Teknologi tersebut juga memungkinkan Hyundai CRETA mencapai tenaga maksimum hingga 115 ps pada 6.300 rpm dengan torsi maksimum hingga 143,8 Nm pada 4.500 rpm.

Hyundai CRETA juga memiliki empat jenis mode berkendara (drive mode) untuk membantu menentukan gaya berkendara yang paling sesuai, yaitu Eco, Comfort, Smart, dan Sport.

Informasi selengkapnya mengenai kegiatan dan produk Hyundai terkini dapat Anda temukan di laman resmi HMID atau berbagai kanal media sosial, seperti Instagram @HyundaiMotorIndonesia, Youtube Hyundai Motors Indonesia, Facebook Hyundai Motors Indonesia, dan Twitter @HyundaiMotorID.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.