Apa Benar Mobil Terbakar Bisa Meledak seperti di Film?

Kompas.com - 30/11/2021, 13:12 WIB
Ilustrasi mobil terbakar howkenya.comIlustrasi mobil terbakar

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus mobil terbakar yang belakangan ini marak terjadi memicu ketakutan sendiri bagi para pemilik kendaraan.

Banyak dari mereka yang panik saat mengetahui terjadinya kebakaran tersebut. Tak sedikit pula yang banyak terpengaruh dengan film aksi, menganggap akan terjadi ledakan besar ketika mobil terbakar.

Lantas, apakah mobil yang terbakar bisa meledak seperti di film?

Baca juga: Banyak Fitur Canggih, Moto Guzzi Pamerkan V100 Mandello di EICMA 2021

Menanggapi hal ini, Technical Support Division PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, hal tersebut bisa saja terjadi tergantung dari percikan apinya. Menurut Didi, jika api mengenai tangki bensin bisa saja terjadi ledakan.

Sebuah mobil terbakar di Jalan Suryo, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (6/8/2020) sekitar pukul 09.25 WIB.Dok. Istimewa Sebuah mobil terbakar di Jalan Suryo, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (6/8/2020) sekitar pukul 09.25 WIB.

“Mungkin saja hawa panas di sekeliling tangki membuat tekanan di dalam tangki meningkat. Sehingga, dapat menyebabkan ledakan saat terkena api,” ucap Didi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Lebih lanjut lagi, Didi menjelaskan, seberapa besar ledakan tergantung dari berapa banyak bensin yang ada di tangki.

“Semakin sedikit bensin, maka semakin besar ledakannya. Sebab, tekanan uap bensin di dalam tangki besar. Kalau bensinnya penuh, tekanannya tidak begitu besar,” kata dia.

Baca juga: Mana yang Lebih Penting Saat Membuat SIM, Tes Praktik atau Psikotes?

Sementara itu, Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriadi menambahkan, ledakan pada mobil bisa berasal dari tangki bensin atau ban.

“Meledak itu kan karena adanya tekanan pada ruang tertutup, dan yang berpotensi seperti itu hanya tangki dan ban,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.