Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Benar Mobil Terbakar Bisa Meledak seperti di Film?

Kompas.com - 30/11/2021, 13:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus mobil terbakar yang belakangan ini marak terjadi memicu ketakutan sendiri bagi para pemilik kendaraan.

Banyak dari mereka yang panik saat mengetahui terjadinya kebakaran tersebut. Tak sedikit pula yang banyak terpengaruh dengan film aksi, menganggap akan terjadi ledakan besar ketika mobil terbakar.

Lantas, apakah mobil yang terbakar bisa meledak seperti di film?

Baca juga: Banyak Fitur Canggih, Moto Guzzi Pamerkan V100 Mandello di EICMA 2021

Menanggapi hal ini, Technical Support Division PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, hal tersebut bisa saja terjadi tergantung dari percikan apinya. Menurut Didi, jika api mengenai tangki bensin bisa saja terjadi ledakan.

Sebuah mobil terbakar di Jalan Suryo, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (6/8/2020) sekitar pukul 09.25 WIB.Dok. Istimewa Sebuah mobil terbakar di Jalan Suryo, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (6/8/2020) sekitar pukul 09.25 WIB.

“Mungkin saja hawa panas di sekeliling tangki membuat tekanan di dalam tangki meningkat. Sehingga, dapat menyebabkan ledakan saat terkena api,” ucap Didi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Lebih lanjut lagi, Didi menjelaskan, seberapa besar ledakan tergantung dari berapa banyak bensin yang ada di tangki.

“Semakin sedikit bensin, maka semakin besar ledakannya. Sebab, tekanan uap bensin di dalam tangki besar. Kalau bensinnya penuh, tekanannya tidak begitu besar,” kata dia.

Baca juga: Mana yang Lebih Penting Saat Membuat SIM, Tes Praktik atau Psikotes?

Sementara itu, Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriadi menambahkan, ledakan pada mobil bisa berasal dari tangki bensin atau ban.

“Meledak itu kan karena adanya tekanan pada ruang tertutup, dan yang berpotensi seperti itu hanya tangki dan ban,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com