Chery Ingin Jadikan Indonesia Basis Produksi di ASEAN

Kompas.com - 26/11/2021, 16:12 WIB
Pengujian ekstrem mobil Chery Pengujian ekstrem mobil Chery

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen mobil asa China, Chery, semakin mantap untuk kembali meramaikan pasar otomotif dalam negeri dengan menghadirkan berbagai teknologi terbaru.

Apalagi, saat ini pergerakan industri otomotif Indonesia tengah mengalami perkembangan positif usai terdampak pandemi Covid-19 setahun kemarin dengan pertumbuhan penjualan 68 persen.

"Pergerakkan itu juga terlihat dari antusias konsumen dan berbagai merek mobil yang saling menunjukkan keunggulan teknologi yang dimiliki selama GIIAS 2021 dengan memamerkan tipe mobil baru," kata Marketing Director of RHD Region Chery Motors, Qin Gang, Kamis (25/11/2021).

Baca juga: Ford Resmi Rilis Generasi Terbaru Ranger, Lebih Lebar dan Luas

Merek otomotif asal China, Chery bakal kembali ke Indonesia tahun inidok.Chery Merek otomotif asal China, Chery bakal kembali ke Indonesia tahun ini

Menurut dia, meski pihaknya tidak ikut ambil bagian dalam pameran, Chery sebagai salah satu merek mobil terdepan tetap ikut berpartisipasi secara aktif dalam mempelajari kebutuhan pasar untuk mempersiapkan langkah besar di 2022.

Adapun Indonesia, disebut merupakan salah satu negara dengan tingkat perkembangan ekonomi terbesar di ASEAN. Sehingga, perseroan akan menjadikan peluang tersebut sebagai “jembatan utama”.

"Dengan model investasi dan bisnis baru, yang mengandalkan keungulan teknologi, Chery berkomitmen untuk menghadirkan teknologi canggih dan produk-produk pintar bagi konsumen Indonesia," kata Qin.

Selain itu Chery juga akan mengekspor produknya ke negara-negara ASEAN lainnya melalui Indonesia sebagai basis produksi.

Dari sisi produk, untuk memenuhi kebutuhan pasar di Indonesia yang kebanyakan merupakan keluarga besar dan keluarga muda, Chery secara khusus telah merancang dan mengembangkan 5 model sport utility vehicle (SUV).

Baca juga: Konversi Kendaraan Listrik Masih Menemui Sejumlah Hambatan

Salah satu fitur pintar Chery Lion Salah satu fitur pintar Chery Lion

Salah satu tipe mobil yang dikembangkan itu adalah SUV dengan kapasitas 7 tempat duduk yaitu Tiggo 8 Pro. Kendaraan akan berfokus pada kemewahan, bisnis dan teknologi canggih.

Model ini juga akan dilengkapi oleh mesin terbaru dari Chery yaitu 2.0 TGDI.

Mesin tersebut mengaplikasikan sistem pembakaran “i-HEC” generasi ke dua dan juga akan dilengkapi oleh sistem pengaturan termal terbaru, injeksi langsung bertekanan tinggi yaitu sebesar 350bar serta berbagai teknologi terdepan lainnya.

Pada data spesifikasinya, mesin terkait mampu menghasilkan daya maksimal 192 kW dan titik tertinggi pada 400Nm. Dengan torsi yang memiliki efisiensi termal sebesar 41 persen, dapat dikatakan bahwa sistem ini adalah satu sistem dengan daya terbesar di Cina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.