Jangan Salah Paham, Ini Fungsi Pegangan Tangan di Kabin Mobil

Kompas.com - 26/11/2021, 14:12 WIB
Ilustrasi Hand Grip di interior mobil rakuten.comIlustrasi Hand Grip di interior mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat memasuki kabin mobil, nampak interior yang dipasangi sejumlah komponen pelengkap. Contohnya seperti pegangan tangan yang menempel di dinding atas kabin.

Sesuai namanya, hand grip berfungsi sebagai pegangan tangan ketika mobil melaju dalam kondisi tertentu. Penumpang bisa mempertahankan posisi duduknya agar tidak mudah bergeser akibat gaya sentrifugal.

Hal tersebut turut dijelaskan Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, bahwa hand grip berperan dalam aspek keselamatan karena bisa menjadi pegangan untuk menahan posisi duduk.

 Baca juga: Benarkah Matikan AC Mobil Saat Jalan Menanjak Bisa Tambah Tenaga Mesin?

“Seperti yang kita ketahui, manuver yang dilakukan oleh pengemudi dapat mengubah posisi duduk para penumpang. Apalagi saat melewati jalan rusak atau kondisi yang menurun,” ujar Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Meski ditujukan sebagai pegangan untuk mempertahankan posisi duduk, hand grip tidak ditujukan bagi si pengemudi. Didi mengatakan, kedua tangan pengemudi harus selalu memegang setir. Itu sebabnya pada sebagian mobil, hand grip di sisi pengemudi ditiadakan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, hand grip juga berguna sebagai alat bantu bagi penumpang untuk keluar masuk kabin mobil. Dengan berpegangan pada hand grip, tentu penumpang tidak akan mudah jatuh saat keluar dari kabin.

 Baca juga: Mitsubishi Buka Suara Mobil Listrik Murah di Indonesia

Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi menjelaskan, memegang hand grip dalam jangka waktu lama hingga hitungan puluhan menit saat mobil tengah melaju kurang disarankan.

Meski bukan suatu masalah, lebih disarankan penumpang menaruh tangan pada arm rest demi kenyamanan. Hand grip hanya difungsikan sebagai alat bantu keluar masuk kabin atau saat gaya sentrifugal dirasa cukup besar hingga penumpang sering mudah bergeser dari tempat duduknya.

Pegangan boleh saja, tapi apa tidak pegal kalau sepanjang perjalanan seperti itu? Kalau untuk masalah keselamatan malah lebih penting menggunakan seat belt. Hand grip biasanya dipagai sebagai akses masuk atau keluar mobil agar lebih mudah,” kata Anjar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.