Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Cat Mobil yang Terlihat Mulus walau Ada Baret Halus

Kompas.com - 26/11/2021, 12:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemilihan cat kendaraan seperti mobil memang kembali lagi ke selera pembeli. Bisa saja memilih hitam karena terlihat elegan atau garang, bisa juga putih karena ingin terlihat bersih.

Namanya juga kendaraan yang dipakai harian, ada saja kejadian yang kurang menyenangkan, seperti ada baret-baret halus. Namun sebenarnya, ada warna cat mobil yang bisa sedikit menutupi baret-baret halus yang ada di mobil.

Warna yang setidaknya bisa meutupi baret-baret halus adalah putih dan silver. Dibandingnkan dengan warna lain, seperti hitam, baret kecil saja mudah terlihat.

Baca juga: Bus Baru Harapan Jaya Avante D1 Buatan Karoseri Tentrem Ganti Livery?

Toyota AvanzaToyota Toyota Avanza

Kepala Bengkel Body & Paint Auto2000 Sunter Yuly Kridiawan mengatakan, ada teori warna yang menjelaskan mengenai gelombang cahaya yang berbeda-beda. Warna gelap seperti hitam cenderung menyerap semua gelombang cahaya.

“Maka dari itu setiap lapisan yang berwarna hitam, ketika terdapat kotoran atau baret, akan mudah terlihat. Sebaliknya untuk warna putih atau silver akan memantul penerimaan cahaya,” ucap Yuly kepada Kompas.com, belum lama ini.

Pemantulan cahaya tadi yang menyebabkan baret seakan tertutupi, padahal jika dilihat lebih detail, tentu akan tetap terlihat. Tetapi memang warna tadi menyamarkan baret yang ada pada bodi.

Baca juga: Kantongi 673 SPK, Transaksi BMW Tembus Rp 1 T

Perlu diingat juga, memilih warna putih punya beberapa kekurangan, yakni lebih mudah terlihat kotor. Ketika ada kotoran seperti bekas hujan sedikit saja, dari jauh sudah terlihat kotor.

“Karena sifatnya yang memantulkan cahaya, maka dari itu kotoran atau flek akan mudah terlihat oleh mata. Butuh perawatan khusus dengan mengaplikasikan removal water mark setiap 6 bulan atau setahun sekali, tergantung kondisi kotorannya,” kata Yuly.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com