Pilih Cat Mobil yang Terlihat Mulus walau Ada Baret Halus

Kompas.com - 26/11/2021, 12:22 WIB
Suasana booth Toyota di GIIAS 2021. Dok. TAMSuasana booth Toyota di GIIAS 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemilihan cat kendaraan seperti mobil memang kembali lagi ke selera pembeli. Bisa saja memilih hitam karena terlihat elegan atau garang, bisa juga putih karena ingin terlihat bersih.

Namanya juga kendaraan yang dipakai harian, ada saja kejadian yang kurang menyenangkan, seperti ada baret-baret halus. Namun sebenarnya, ada warna cat mobil yang bisa sedikit menutupi baret-baret halus yang ada di mobil.

Warna yang setidaknya bisa meutupi baret-baret halus adalah putih dan silver. Dibandingnkan dengan warna lain, seperti hitam, baret kecil saja mudah terlihat.

Baca juga: Bus Baru Harapan Jaya Avante D1 Buatan Karoseri Tentrem Ganti Livery?

Toyota AvanzaToyota Toyota Avanza

Kepala Bengkel Body & Paint Auto2000 Sunter Yuly Kridiawan mengatakan, ada teori warna yang menjelaskan mengenai gelombang cahaya yang berbeda-beda. Warna gelap seperti hitam cenderung menyerap semua gelombang cahaya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Maka dari itu setiap lapisan yang berwarna hitam, ketika terdapat kotoran atau baret, akan mudah terlihat. Sebaliknya untuk warna putih atau silver akan memantul penerimaan cahaya,” ucap Yuly kepada Kompas.com, belum lama ini.

Pemantulan cahaya tadi yang menyebabkan baret seakan tertutupi, padahal jika dilihat lebih detail, tentu akan tetap terlihat. Tetapi memang warna tadi menyamarkan baret yang ada pada bodi.

Baca juga: Kantongi 673 SPK, Transaksi BMW Tembus Rp 1 T

Perlu diingat juga, memilih warna putih punya beberapa kekurangan, yakni lebih mudah terlihat kotor. Ketika ada kotoran seperti bekas hujan sedikit saja, dari jauh sudah terlihat kotor.

“Karena sifatnya yang memantulkan cahaya, maka dari itu kotoran atau flek akan mudah terlihat oleh mata. Butuh perawatan khusus dengan mengaplikasikan removal water mark setiap 6 bulan atau setahun sekali, tergantung kondisi kotorannya,” kata Yuly.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.