Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makin Fun to Drive, All New Veloz Punya Pilihan Mode Berkendara

Kompas.com - 19/11/2021, 13:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

TANGERANG, KOMPAS.com - Tak hanya hadir dengan tampilan serba baru dengan ragam fitur berlimpah, Toyota All New Veloz yang kini naik kelas juga menawarkan sensasi berkendara yang lebih fun to drive dari sebuah LMPV.

Hal tersebut bukan hanya karena sistem gerak roda yang pindah ke depan dan penggunaan CVT, namun kini All New Veloz sudah dilengkapi dengan mode berkendara via tombol Drive.

Seperti halnya Raize, mode berkendara pada All New Veloz bisa diakses menggunakan ibu jari via tombol kecil yang diletakan di sebelah kanan gagang kemudi.

Pengendara bisa memilih tiga mode berkendara yang disajikan menyesuaikan kebutuhan. Mulai dari mode normal, eco, dan power.

Baca juga: Bahas Performa Avanza dan Xpander yang Sama-sama FWD dan Pakai CVT

Toyota All New VelozKOMPAS.com/STANLY RAVEL Toyota All New Veloz

Akan ada notifikasi yang muncul pada layar MID digital untuk memberikan informasi ketika pengendara memilih mode mana yang digunakan.

Secara fungsi, menurut Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, tak berbeda dengan yang dimiliki Raize, atau jajaran produk Toyota lain seperti Innova dan Fortuner.

"Fungsinya sama (dengan Raize), pada intinya memberikan pilihan bagi pengendara untuk menyesuaikan kebutuhan saat berkendara. Bedanya, di Veloz baru ada tiga, kalau Raize hanya power dan normal," ucap Didi kepada Kompas.com, Senin (15/11/2021).

Pilihan mode berkendara berkerja melalui settingan throttle by wire. Ketika membutuhkan tenaga yang lebih responsif, tinggal menggunakan mode power yang membuat pedal gas siap melontarkan tenaga lebih responsif tanpa repot menekan terlalu dalam.

Ketika redaksi menjajal mode power pada All New Veloz beberapa waktu lalu, rpm memang seperti tertahan di putaran yang lebih tinggi dari normal. Sehingga mobil bisa lebih agresif dari putaran bawah.

Baca juga: Ada Avanza-Xenia Baru, Bagaimana Nasib Honda Mobilio?

Tiga mode berkendara All New VelozKOMPAS.com/Adityo Wisnu Tiga mode berkendara All New Veloz

Pilihan mode ini bisa digunakan saat akan melewati kendaraan lain di depan. Namun perlu dicatat, adanya mode power tak berkerja untuk menambah tenaga, artinya daya maksimal yang dihasilkan mesin akan tetap sama tanpa terkoreksi.

Sementara untuk mode normal, lebih cocok digunakan saat berkendara sehari-hari. Termasuk dengan eco yang bisa dimanfaatkan ketika menjelajah di perkotaan untuk memberikan sisi efisiensi bahan bakar lebih baik dan pastinya berimbas pada emisi yang lebih kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com