Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Masih Gratis Hingga 1 Desember 2021

Kompas.com - 21/11/2021, 15:41 WIB
Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Serang-Rangkasbitung sudah mulai beroperasi dan belum bertarif hingga 1 Desember. Dok. BPJT Kementerian PUPRJalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Serang-Rangkasbitung sudah mulai beroperasi dan belum bertarif hingga 1 Desember.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Selasa (16/11), Jalan Tol Serang - Panimbang Seksi 1 (Serang - Rangkasbitung) sudah mulai ramai lancar beroperasi tanpa dikenakan tarif sejak Rabu (17/11).

Jalan Tol Serang-Panimbang resmi dibuka untuk umum dan dapat dioperasikan sesuai Surat Keputusan Menteri PUPR No 1427/KPTS/M/2021 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Serang – Panimbang Seksi 1 (Serang-Rangkasbitung).

Baca juga: Ini 5 Besar Penjualan Toyota di GIIAS 2021

Dengan diadakannya open traffic, para pengguna jalan tol yang berasal dari Rangkasbitung sudah dapat melintasi jalan tol sepanjang 26,5 Km menuju ke arah Serang maupun sebaliknya.

Mengutip akun resmi Instagram PT Wika Serang Panimbang (WSP) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), pengoperasian Seksi 1 Serang-Rangkasbitung bebas biaya ini direncanakan berlaku dua minggu.

Artinya, untuk sementara ini pengguna tidak akan dikenakan tarif jika melintas mulai 17 November 2021 sampai 1 Desember 2021 nanti.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Wika Serang Panimbang (@wikaserpan)

Meskipun masih gratis, pengguna jalan tol tetap harus melakukan tapping menggunakan uang elektronik ketika hendak melintasi Gerbang Tol.

Kepala Bidang Operasi & Pemeliharaan Ali Rachmadi mengatakan dengan berlangsungnya Open Traffic ini merupakan bentuk sosialisasi yang dilakukan oleh Kementerian PUPR bersama BUJT dan Stakeholder terkait, yang bertujuan untuk memberikan informasi jalan tol bagi masyarakat.

Baca juga: Kredit Hyundai Creta, DP Rp 70 Jutaan Cicilan Mulai Rp 4 Jutaan

"Melalui kehadiran Jalan Tol Serang - Panimbang ini diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat dan dapat memicu pertumbuhan perekonomian masyarakat di sekitar jalan tol," kata Ali dalam keterangan resmi, Sabtu (20/11/2021).

Dengan keberadaan jalan tol ini jarak tempuh dari Rangkasbitung menuju Jakarta hanya 1 sampai 1,5 jam, hal ini sangat memberikan dampak positif untuk perekonomian masyarakat Banten khususnya Kabupaten Lebak.

Open Traffic yang dilakukan bertujuan untuk melakukan sosialisasi dan memberikan informasi kepada masyarakat yang melintasi jalan tol ini, informasi jalan tol seperti rambu-rambu lalu lintas, aturan dan tata tertib berkendara di jalan tol, informasi call center yang harus dihubungi serta imbauan berkendara dengan selamat.

Gubernur Banten Wahidin Halim mendampingi Presiden Jokowi saat meresmikan jalan Tol Serang-Panimbang seksi 1 ruas Serang-RangkasbitungDokumentasi Biro Adpim Pemprov Banten Gubernur Banten Wahidin Halim mendampingi Presiden Jokowi saat meresmikan jalan Tol Serang-Panimbang seksi 1 ruas Serang-Rangkasbitung

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.