Hyundai Klaim Mau Produksi Mobil Listrik Ioniq 5 di Indonesia

Kompas.com - 19/11/2021, 08:42 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memastikan klaim rencana produksi mobil listrik di dalam negeri dalam waktu dekat, sebagai upaya mendukung program pemerintah untuk mengakselerasi era mobilitas masa depan.

Berdasarkan rencana perseroan, kendaraan ramah lingkungan pertama yang akan diproduksi secara lokal oleh merek otomotif asal Korea Selatan tersebut ialah Ioniq 5.

"Selama pameran GIIAS 2021, Hyundai memamerkan lebih banyak inovasi berkelanjutan yang akan mendorong pengembangan ekosistem electric vehicle (EV) secara global, termasuk di Indonesia," kata Chief Operating Officer PT HMID Makmur, Kamis (18/11/2021).

Baca juga: Akselerasi Hyundai Garap Pasar Kendaraan Listrik di Indonesia

Ilustrasi mobil listrik IONIQ 5hyundaimotorgroup.com Ilustrasi mobil listrik IONIQ 5
 

"Di antaranya, Electric Global Modular Platform (E-GMP) sebagai platform khusus untuk kendaraan listrik masa depan. Ini akan diaplikasikan pada Ioniq 5 yang merupakan mobil listrik pertama dari Hyundai yang akan diproduksi di Indonesia," ucap Makmur.

Namun, belum ada informasi lebih jauh mengenai rencana terkait. Termasuk tentang tingkat kandungan dalam negeri (TKDN), proyeksi volume produksi, dan sebagainya.

Tetapi, menurut bocoran yang diperoleh dari Kementerian Perindustrian, langkah strategis Hyundai tersebut bakal mulai diimplementasikan pada Maret 2022 mendatang.

Platform Khusus E-GMP

Adapun E-GMP sendiri, memiliki banyak manfaat yaitu, platform yang lebih ringkas sehingga ruang dan bobot bisa dioptimalkan.

Kemudian, mampu meningkatkan efisiensi daya yang unik di mana kapasitas baterai tetap sama tapi memungkinkan jarak tempuh berkendara lebih jauh. Sekaligus, mengembangkan teknologi cara kerja pengapian struktur koil.

Baca juga: Pentingnya Edukasi Pengemudi Truk untuk Kendalikan Angka Kecelakaan

Suasana saat pameran kendaraan Hyundai Motors Indonesia (HMID) dalam gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di ICE, BSD, Tangerang Selatan, Jumat (12/11/2021).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Suasana saat pameran kendaraan Hyundai Motors Indonesia (HMID) dalam gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di ICE, BSD, Tangerang Selatan, Jumat (12/11/2021).
 

"Bebas stres saat pengisian daya juga, karena dalam waktu 5 menit saja mobil bisa menempuh jarak sejauh 100 kilometer. Tentu, berkendara juga jadi lebih menyenangkan," ujar Makmur.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.