Kompas.com - 16/11/2021, 18:41 WIB
|

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) berharap insentif terhadap instrumen pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) terhadap pembelian mobil di dalam negeri dapat diperpanjang pada tahun depan.

Sehingga, perseroan bisa berkompetisi secara maksimal di pasar Tanah Air karena produk terbarunya yang akan diproduksi dalam negeri, Creta, dapat memenuhi syarat pemerintah, yaitu tingkat local purchase 70 persen.

"Saat ini local purchase Creta sudah sekitar 60 persen. Ini terus kita kejar supaya apabila PPnBM diperpanjang sudah siap," kata Tony Hadiyanto, Head of Parts Department PT HMID di ICE BSD, Tangerang, Selasa (16/11/2021).

Baca juga: Hyundai Bakal Produksi Model Lain Selain Creta Juga pada 2022

Hyundai Creta di GIIAS 2021KOMPAS.com - Fathan Hyundai Creta di GIIAS 2021

Sementara mengenai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pada model kendaraan terkait, sudah memenuhi syarat sebagai penerima insentif yaitu minimal 40 persen.

Hanya saja Tony masih enggan untuk mengungkapkan bagian apa yang belum bisa diproduksi secara langsung di Indonesia.

Sebelumnya, COO HMID Makmur menyatakan bila Creta telah memenuhi syarat sebagai kendaraan yang berhak mendapatkan insentif PPnBM 100 persen tahun ini.

Namun perseroan belum mendaftarkannya karena perhitungan ekonomis dari sisi konsumen (produksi 2021) mengingat, masa berlaku untuk insentif terkait hanya dua bulan lagi.

Baca juga: Begini Cara Cegah Aquaplaning di Jalan Tol

Peluncuran Hyundai Creta di GIIAS 2021DOK. HMID Peluncuran Hyundai Creta di GIIAS 2021

"Jadi saat ini bisa dipesan nanti distribusinya mulai Januari-Februari 2022 dengan kode VIN 2022," kata dia.

Sebagai informasi, insentif diskon pajak ini diterbitkan melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 20 Tahun 2021 yang mengatur pemberian insentif untuk segmen 1.500 cc kategori sedan dan 4x2.

Salah satu persyaratan kendaraan yang berhak mendapat program terkait ialah mobil sudah diproduksi secara lokal dengan tingkat pembelian komponen dalam negeri (local purchase) minimal 70 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.