Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Orang Buka Boks Motor WSBK, Ini Penjelasan MGPA

Kompas.com - 12/11/2021, 10:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ramai beredar video mengenai pembukaan peti boks motor peserta event Idemitsu Asian Talent Cup 2021 dan WorldSBK 2021 di Sirkuit Mandalika.

Happy Harinto, Direktur Strategis dan Komunikasi MGPA, menjelaskan, pembukaan peti boks motor tersebut merupakan bagian dari prosedur custom clearance yang harus dilakukan.

Semua barang yang dibawa masuk Dorna ke Indonesia harus melalui pemeriksaan sebelum diizinkan untuk digunakan.

Baca juga: Dftar Harga All New Avanza dan New Veloz di Jateng-DIY

Foto udara pekerja menyelesaikan pengecatan ornamen Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (5/11/2021). Pengecatan sudut trek, kerb dan tepian trek sirkuit Mandalika menggunakan tiga warna penting yakni warna merah putih yang menandakan kerb yang berfungsi sebagai pemandu pembalap di lintasan dan warna hijau yang merupakan track limit atau pembatas trek yang ketika pembalap menyentuh garis tersebut akan dikenakan penalti. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww.ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI Foto udara pekerja menyelesaikan pengecatan ornamen Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (5/11/2021). Pengecatan sudut trek, kerb dan tepian trek sirkuit Mandalika menggunakan tiga warna penting yakni warna merah putih yang menandakan kerb yang berfungsi sebagai pemandu pembalap di lintasan dan warna hijau yang merupakan track limit atau pembatas trek yang ketika pembalap menyentuh garis tersebut akan dikenakan penalti. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww.

Happy mengatakan, pemeriksaan harus dibuka oleh pemilik barang dan atau dibuka oleh forwarder yang mengurus impor dan ekspor barang tersebut dengan izin dari pemilik, yaitu Dorna.

"Saat pemeriksaan dilakukan, peti boks motor dibuka oleh forwarder disaksikan oleh pihak Dorna dan custom clearance," tulis keterangan resmi MGPA, dikutip pada Jumat (12/11/2021).

Happy mengatakan, pemeriksaan barang yang masuk ke Indonesia untuk memastikan bahwa barang yang dibawa masuk ke Indonesia sesuai dengan master list.

Hasil pemeriksaan ini nantinya menjadi dasar pemeriksaan atas barang-barang yang akan dibawa keluar dari Indonesia saat event selesai, apakah sesuai dengan jumlah dan jenis barang yang dibawa masuk.

Baca juga: Teka-teki Motor Baru Honda di GIIAS 2021

Happy Harinto Direktur Strategi dan Komunikasi MGPAFoto: Tangkapan layar telekonferensi Happy Harinto Direktur Strategi dan Komunikasi MGPA

"Sangat disayangkan di saat pemeriksaan dilakukan, ada pihak yang tidak berkepentingan dan tidak mengerti proses yang berlangsung, mengambil gambar dan memviralkan dengan isi berita yang tidak sesuai," katanya.

"Saya pastikan proses pemeriksaan dilakukan sesuai dengan prosedur," kata Happy.

"Ini event yang sangat penting, yang membawa nama negara ke dunia, karenanya kami berusaha tertib dalam melaksanakannya," ungkapnya.

Green Gregorio Lavilla, Executive Director Dorna World SBK Organization, disebut memahami yang terjadi di lapangan dan mengerti sepenuhnya hal ini terjadi akibat antusiasme yang tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com