Salin Artikel

Video Viral Orang Buka Boks Motor WSBK, Ini Penjelasan MGPA

JAKARTA, KOMPAS.com - Ramai beredar video mengenai pembukaan peti boks motor peserta event Idemitsu Asian Talent Cup 2021 dan WorldSBK 2021 di Sirkuit Mandalika.

Happy Harinto, Direktur Strategis dan Komunikasi MGPA, menjelaskan, pembukaan peti boks motor tersebut merupakan bagian dari prosedur custom clearance yang harus dilakukan.

Semua barang yang dibawa masuk Dorna ke Indonesia harus melalui pemeriksaan sebelum diizinkan untuk digunakan.

Happy mengatakan, pemeriksaan harus dibuka oleh pemilik barang dan atau dibuka oleh forwarder yang mengurus impor dan ekspor barang tersebut dengan izin dari pemilik, yaitu Dorna.

"Saat pemeriksaan dilakukan, peti boks motor dibuka oleh forwarder disaksikan oleh pihak Dorna dan custom clearance," tulis keterangan resmi MGPA, dikutip pada Jumat (12/11/2021).

Happy mengatakan, pemeriksaan barang yang masuk ke Indonesia untuk memastikan bahwa barang yang dibawa masuk ke Indonesia sesuai dengan master list.

Hasil pemeriksaan ini nantinya menjadi dasar pemeriksaan atas barang-barang yang akan dibawa keluar dari Indonesia saat event selesai, apakah sesuai dengan jumlah dan jenis barang yang dibawa masuk.

"Sangat disayangkan di saat pemeriksaan dilakukan, ada pihak yang tidak berkepentingan dan tidak mengerti proses yang berlangsung, mengambil gambar dan memviralkan dengan isi berita yang tidak sesuai," katanya.

"Saya pastikan proses pemeriksaan dilakukan sesuai dengan prosedur," kata Happy.

"Ini event yang sangat penting, yang membawa nama negara ke dunia, karenanya kami berusaha tertib dalam melaksanakannya," ungkapnya.

Green Gregorio Lavilla, Executive Director Dorna World SBK Organization, disebut memahami yang terjadi di lapangan dan mengerti sepenuhnya hal ini terjadi akibat antusiasme yang tinggi.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/12/104200915/video-viral-orang-buka-boks-motor-wsbk-ini-penjelasan-mgpa

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.