Sasis Baru Mercedes Benz OF 917 Dipasang ke Bodi Suites Combi Buatan Laksana

Kompas.com - 09/11/2021, 15:12 WIB
Suites Combi bus hasil kolaborasi Karoseri Laksana dengan Mercedes Benz Bus DOK. DCVISuites Combi bus hasil kolaborasi Karoseri Laksana dengan Mercedes Benz Bus

JAKARTA, KOMPAS.com – Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI), agen pemegang merek kendaraan niaga Mercedes Benz baru saja meluncurkan the newly-improved OF 917 yang dipasang ke bodi Suites Combi buatan karoseri Laksana, Selasa (9/11/2021).

Peluncuran ini juga merupakan acara puncak dari Kontes Desain Livery dan Interior Bus Mercedes Benz OF 917 yang diselenggarakan DCVI lewat Instagram beberapa waktu lalu. Pemenang dari kontes tersebut adalah karoseri Laksana dengan bus Suites Combi.

Jung-Woo Park, President Director DCVI mengatakan, pihaknya tidak akan berhenti berinovasi dan berkolaborasi dengan mitra terpercaya DCVI untuk memastikan industri mobilitas di Indonesia terus bergerak di masa sulit seperti sekarang.

Baca juga: Pertamina Mandalika Berhasil Raih Poin pada Moto2 Algarve

Kabin Suites Combi bus hasil kolaborasi Karoseri Laksana dengan Mercedes Benz BusDOK. DCVI Kabin Suites Combi bus hasil kolaborasi Karoseri Laksana dengan Mercedes Benz Bus

“Oleh karena itu, kami sangat senang untuk memperkenalkan the newly-improved Mercedes Benz OF 917 kepada para pelanggan di Indonesia. Hari ini menjadi spesial karena kolaborasi kami dengan salah satu mitra karoseri terpercaya kami, Laksana, dalam mewujudkan desain livery dan interior bus Mercedes Benz OF 917,” ucapnya dalam siaran resmi, Selasa (9/11/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karoseri Laksana, selaku pemenang dari kontes ini mewujudkan Suites Bus yang awalnya konsep digital menjadi kenyataan. Alvin Arman, Direktur Komersial Karoseri Laksana mengatakan, desain livery bus mengambil heritage Kota Semarang dengan latar bendera Republik Indonesia.

“Kami juga mewujudkan desain landmark Kota Semarang seperti Tugu Muda, Lawang Sewu, Kuil Sam Po Long, serta Balai Kota Semarang. Hal ini kami lakukan agar tetap ingat dengan budaya lokal dan sudah tugas kita sebagai pahlawan modern untuk selalu bangga terhadap budaya kita sendiri,” ucapnya.

Baca juga: Rapor Penjualan Mitsubishi Xpander Selama 4 Tahun di Indonesia

Kabin Suites Combi bus hasil kolaborasi Karoseri Laksana dengan Mercedes Benz BusDOK. DCVI Kabin Suites Combi bus hasil kolaborasi Karoseri Laksana dengan Mercedes Benz Bus

Untuk bagian interior, Suites Bus punya perpaduan konfigurasi tempat duduk. Misalnya di bagian depan ada 12 physical distancing seat dan di bagian belakang ada 8 suites cabin yang nyaman.

Untuk suites cabin, menggunakan bangku yang bisa direbahkan sampai 150 derajat. Selain itu terdapat juga fasilitas mewah seperti USB charger, individual lamp, cup holder, monitor LCD layar sentuh yang memanjakan penumpang selama perjalanan.

Selain mewah, pada bagian kabin juga terdapat fitur-fitur yang memenuhi protokol kesehatan. Misalnya seperti pengukur suhu tanpa sentuh dan bio Smart Air Circulation System buatan Laksana yang mengombinasikan penyaringan udara dengan sinar UV, HEPA Filter, dan cabin filter.

Kabin Suites Combi bus hasil kolaborasi Karoseri Laksana dengan Mercedes Benz BusDOK. LAKSANABUS Kabin Suites Combi bus hasil kolaborasi Karoseri Laksana dengan Mercedes Benz Bus

“Momen ini menjadi ajang pembuktian kami sebagai perusahaan karoseri di Indonesia untuk menyediakan bus yang aman, inovatif, dan berkualitas dunia sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Apalagi di masa pandemi, bus ini menjawab kebutuhan masyarakat akan transportasi yang aman dan nyaman di masa new norma saat ini,” ucap Alvin.

Untuk ubahan pada sasis OF 917 diantaranya ada pada bagian mesin yang disempurnakan seperti cylinder head, rocker arm, dan juga camshaft. Harapannya penyempurnaan ini memiliki umur penggunaan yang lebih lama.

Kabin Suites Combi bus hasil kolaborasi Karoseri Laksana dengan Mercedes Benz BusDOK. LAKSANABUS Kabin Suites Combi bus hasil kolaborasi Karoseri Laksana dengan Mercedes Benz Bus

Soal dapur pacu, masih menggunakan mesin diesel 3,9 liter empat silinder segaris yang menghasilkan tenaga 172,3 PS atau setara 169,9 TK di putaran 2.500 rpm dan torsi 520 Nm di 1.500 - 2.000 rpm.

Demi meningkatkan kenyamanan, the newly-improved OF 917 ini disempurnakan pada bagian poros belakang, suspensi, dan sistem pengereman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.