Hyundai Ioniq 5 Dapat Upgrade Baterai, Kapasitas Daya Makin Besar

Kompas.com - 06/11/2021, 08:42 WIB
Ilustrasi mobil listrik IONIQ 5 hyundaimotorgroup.comIlustrasi mobil listrik IONIQ 5

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum genap setahun diluncurkan, Hyundai dikabarkan hendak memberikan pembaruan untuk salah satu mobil listriknya, Ioniq 5Upgrade tersebut berupa peningkatan kapasitas daya baterainya.

Mengutip Carscoops, Jumat (5/11/2021), Hyundai akan mengintegrasikan tambahan 2 modul baterai dengan daya tiap modulnya sebesar 2.4 kW. Sebelumnya, Ioniq 5 yang dipasarkan di Eropa dan Asia memiliki total 30 modul baterai.

Dengan penambahan tersebut, kini kapasitas daya maksimal yang dimiliki Ioniq 5 menjadi 77,4 kWh dari sebelumnya 72,6 kWh. Berkat peningkatan ini, tentu jarak tempuh maksimal Ioniq 5 jadi bertambah lebih jauh.

Baca juga: Ini Efek Buruk akibat Tidak Pakai Sabuk Pengaman

Awalnya mobil listrik ini mampu menempuh jarak hingga 423 Km. Dengan paket baterai baru, Hyundai mengklaim jarak tempuhnya jadi 480 Km - 490 Km untuk sekali pengisian daya. Angka tersebut lebih jauh dari jarak Jakarta ke Semarang via Tol Trans Jawa.

Ilustrasi Hyundai Ioniq 5AUTOCAR.co.uk Ilustrasi Hyundai Ioniq 5

Kabar pembaruan Ioniq 5 ini jadi masuk akal sejak informasi mengenai mobil listrik Kia EV6 yang dirakit dengan platform yang sama hendak diluncurkan dengan baterai berdaya 77,4 kWh.

Platform tersebut yakni Electric Global Modular Platform (E-GMP), diciptakan Hyundai Motor Group untuk mengusung 23 model kendaraan listrik baru hingga 2025.

Baca juga: Mau Beralih ke Motor Listrik, Pilih Motor Baru atau Konversi?

Hyundai Ioniq 5 sendiri sempat hadir di pagelaran The Future Electric Vehicle Ecosystem for Indonesia di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat belum lama ini. Lantas apakah mobil ini bakal mengaspal di Indonesia?

Seperti yang sudah diketahui, PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) bakal jadi perusahaan otomotif pertama di Indonesia yang merakit mobil listrik pada Maret 2022. Meski begitu, Hyundai Indonesia masih belum banyak memberikan keterangan mengenai model apa saja yang akan dirakit di pabrik tersebut nantinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.