Jangan Sampai Lupa Interval Ganti Oli Gardan Mobil

Kompas.com - 26/10/2021, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada mobil berpenggerak roda belakang (RWD) dan penggerak empat roda (4WD), gardan jadi bagian yang penting sebagai penyalur tenaga dari mesin untuk menggerakkan roda.

Menilik di dalam gardan, terpasang berbagai komponen berupa gir yang butuh zat pelumas berupa oli agar kinerjanya tetap optimal. Komponen-komponen tersebut antara lain drive pinion gearring gear, dan spider gear.

Apabila oli pada gardan telat diganti, gir bisa jadi akan aus bahkan berpotensi terjadi kerusakan pada gardan itu sendiri. Tentu pemilik mobil harus mengeluarkan biaya lebih banyak untuk penggantian komponen tersebut.

Baca juga: Dugaan Skandal di Bengkel AHASS, Ini Kata Teknisi Honda

"Jika penggantian oli gardan tidak berkala, akan ada jarak antar gir yang menyebabkan selip karena posisi gir tidak presisi," ujar Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ilustrasi gardan mobil.Ghulam/Otomania Ilustrasi gardan mobil.

Penggunaan oli gardan untuk mobil multi purpose vehicle (MPV), sedan, dan city car disarankan menggunakan oli multigrade dengan spesifikasi SAE75-90 atau 80W90.

Selanjutnya untuk mobil jenis sport utility vehicle (SUV), pikap, double cabin, dan truk ringan disarankan memilih oli single grade dengan spesifikasi SAE90 atau SAE140. Alasannya, beban kerja mobil-mobil tersebut berbeda dengan mobil keluarga sehingga butuh oli yang lebih kental.

Baca juga: Urus Balik Nama Kendaraan, Ini Biaya yang Harus Disiapkan

Oli yang lebih encer memang lebih baik dalam melumasi celah-celah sempit. Tapi lapisan oil film cenderung lebih tipis sehingga untuk gir dengan beban besar kurang direkomendasikan.

Adapun penggantian oli gardan mobil umumnya disarankan setiap dua tahun sekali atau interval jarak tempuh 40.000 kilometer, tergantung mana dulu yang tercapai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.