Kupas Perbedaan Toyota Raize GR Sport Non-TSS dengan TSS

Kompas.com - 24/10/2021, 14:21 WIB
Toyota Raize GR Sport TSS KOMPAS.com/RulyToyota Raize GR Sport TSS
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur keamanan dan kenyamanan dalam suatu kendaraan bermotor agaknya semakin menjadi perhatian tersendiri bagi masyarkat Indonesia. Terbukti, pada beberapa produk tertentu, varian teratas lebih mendapat permintaan tinggi.

Satu diantaranya ialah Toyota Raize GR Sport TSS yang saat ini masa waktu tunggu ke konsumennya sampai lima bulan. Padahal dari segi harga, terpaut cukup jauh yaitu Rp 20 jutaan dibanding satu varian di bawahnya.

Berdasarkan lembar pemasaran perseroan, mobil dibanderol Rp 263,7 juta untuk single tone dan Rp 265,9 juta bagi yang two tone. Penetapan harga ini sudah dipotong dengan diskon PPnBM 100 persen.

Baca juga: Bisa Selamat dari Indisen Highside, Marquez Sebut Beruntung

Toyota Raize GR Sport TSSKOMPAS.com/Ruly Toyota Raize GR Sport TSS

Lantas apa saja yang membedakan Raize GR Sport TSS dengan Non-TSS? Menurut pengujian tim redaksi Kompas.com secara langsung, sedikitnya ada beberapa bagian yang berbeda, tidak terkecuali di sektor desain meski minim.

Pada tampilan eksterior, bila melihat lebih detil varian TSS memiliki kamera yang lebih banyak baik di depan, samping, dan belakang. Kemudian tepat di belakang spion tengah, terdapat sensor untuk menunjang fitur keselamatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Guratan di mobil juga sedikit berbeda dengan penambahan aksen gelap guna menambah kesan sporty seperti pada side skirt.

Toyota Raize GR Sport TSSKOMPAS.com/Ruly Toyota Raize GR Sport TSS

Perbedaan lebih terasa saat masuk ke kabin. Pertama, di bagian dasbor yang tepat sebelah stir kemudi, terdapat tombol Pre-Collision Warning melengkapi tombol Traction Control.

Lalu pada beberapa titik, ada penambahan aksen GR Sport seperti karpet, tombol start stop, stir kemudi, sampai jok. Selebihnya, untuk material dasbor dan jok tidak berbeda signifikan.

Lebih jauh pada bagian stir kemudi, Raize GR Sport TSS memiliki tombol pengaturan yang lengkap seperti steering swtich di sisi kanan. Tak ada tombol dummy lagi.

Baca juga: Sepeda Motor Terbakar, Diduga Akibat Simpan Ponsel dalam Bagasi Jok

Perbedaan Toyota Raize GR Sport Non TSS dan TSSKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Perbedaan Toyota Raize GR Sport Non TSS dan TSS

Tombol tersebut berfungsi untuk mengubah mode dan trek yang ada di head unit. Sedangkan tombol di sisi kanan setir di varian TSS berfungsi untuk Adaptive Cruise Control.

Perbedaan lainnya ada di bagian instrument cluster, untuk varian TSS ada lima menu yang bisa diatur lewat tombol di sisi kiri setir.

Sedangkan untuk tipe GR Sport biasa, menu di instrument cluster hanya ada empat, minus menu adaptive cruise control.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.