Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kupas Perbedaan Toyota Raize GR Sport Non-TSS dengan TSS

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur keamanan dan kenyamanan dalam suatu kendaraan bermotor agaknya semakin menjadi perhatian tersendiri bagi masyarkat Indonesia. Terbukti, pada beberapa produk tertentu, varian teratas lebih mendapat permintaan tinggi.

Satu diantaranya ialah Toyota Raize GR Sport TSS yang saat ini masa waktu tunggu ke konsumennya sampai lima bulan. Padahal dari segi harga, terpaut cukup jauh yaitu Rp 20 jutaan dibanding satu varian di bawahnya.

Berdasarkan lembar pemasaran perseroan, mobil dibanderol Rp 263,7 juta untuk single tone dan Rp 265,9 juta bagi yang two tone. Penetapan harga ini sudah dipotong dengan diskon PPnBM 100 persen.

Lantas apa saja yang membedakan Raize GR Sport TSS dengan Non-TSS? Menurut pengujian tim redaksi Kompas.com secara langsung, sedikitnya ada beberapa bagian yang berbeda, tidak terkecuali di sektor desain meski minim.

Pada tampilan eksterior, bila melihat lebih detil varian TSS memiliki kamera yang lebih banyak baik di depan, samping, dan belakang. Kemudian tepat di belakang spion tengah, terdapat sensor untuk menunjang fitur keselamatan.

Guratan di mobil juga sedikit berbeda dengan penambahan aksen gelap guna menambah kesan sporty seperti pada side skirt.

Perbedaan lebih terasa saat masuk ke kabin. Pertama, di bagian dasbor yang tepat sebelah stir kemudi, terdapat tombol Pre-Collision Warning melengkapi tombol Traction Control.

Lalu pada beberapa titik, ada penambahan aksen GR Sport seperti karpet, tombol start stop, stir kemudi, sampai jok. Selebihnya, untuk material dasbor dan jok tidak berbeda signifikan.

Lebih jauh pada bagian stir kemudi, Raize GR Sport TSS memiliki tombol pengaturan yang lengkap seperti steering swtich di sisi kanan. Tak ada tombol dummy lagi.

Tombol tersebut berfungsi untuk mengubah mode dan trek yang ada di head unit. Sedangkan tombol di sisi kanan setir di varian TSS berfungsi untuk Adaptive Cruise Control.

Perbedaan lainnya ada di bagian instrument cluster, untuk varian TSS ada lima menu yang bisa diatur lewat tombol di sisi kiri setir.

Sedangkan untuk tipe GR Sport biasa, menu di instrument cluster hanya ada empat, minus menu adaptive cruise control.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/24/142100215/kupas-perbedaan-toyota-raize-gr-sport-non-tss-dengan-tss

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke