Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detik-detik Motor Sport Mundur karena Tak Kuat Nanjak

Kompas.com - 15/10/2021, 18:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video sepeda motor Honda CB150R nampak kesulitan saat melewati tanjakan di salah satu ruas jalan.

Dalam video yang diunggah oleh akun instagram bernama @agoez_bandz4, terlihat pengendara yang berboncengan itu berhenti di tengah tanjakan karena motor tidak kuat menanjak. Bahkan pengendara tersebut sampai dibantu petugas untuk memberhentikan motornya.

Menanggapi hal ini, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, pada saat akan melakukan perjalanan, pengendara sebaiknya mengetahui jalur yang akan dilalui agar dapat membuat momentum.

Baca juga: Honda Bawa BR-V Baru Sowan ke Semarang

“Ketika kita mengetahui bahwa rute yang akan dilewati itu menanjak dan cukup tinggi, maka yang perlu diperhatikan pertama adalah kita harus mengambil momentum yang pas untuk dapat mencapai atas,” ucap Agus, belum lama ini saat dihubungi Kompas.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Agoez Bandz Official (@agoez_bandz4)

Menurut Agus, pengemudi harus sudah mengambil ancang-ancang dari bawah sebelum menanjak. Hal ini dimaksudkan untuk membantu kinerja mesin agar kuat menanjak sampai ke atas.

Apabila tiba-tiba di tengah tanjakan berhenti atau kecepatan berkurang karena ada objek yang menghalangi, maka tindakan yang dilakukan yakni dengan mengendarai kendaraan dengan cara zig-zag.

Baca juga: Bulan Ini Servis Motor Honda di Seluruh AHASS Jawa Barat Lebih Murah

“Karena dengan cara zig-zag, beban motor akan menjadi lebih ringan jika dibandingkan dengan mengendarai motor dengan keadaan lurus,” ucapnya.

Kemudian, pada saat di tanjakan terjal, postur atau posisi pengendara diusahakan agar sedikit membungkuk ke depan untuk menyeimbangkan beban motor tersebut.

“Jika nantinya masih tidak kuat, sebaiknya kurangi beban kendaraan dan gunakan kedua rem saat berhenti,” kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com