Detik-detik Motor Sport Mundur karena Tak Kuat Nanjak

Kompas.com - 15/10/2021, 18:01 WIB
Motor Sport CB150R tak kuat nanjak instagram.com/agoez_bandz4Motor Sport CB150R tak kuat nanjak

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video sepeda motor Honda CB150R nampak kesulitan saat melewati tanjakan di salah satu ruas jalan.

Dalam video yang diunggah oleh akun instagram bernama @agoez_bandz4, terlihat pengendara yang berboncengan itu berhenti di tengah tanjakan karena motor tidak kuat menanjak. Bahkan pengendara tersebut sampai dibantu petugas untuk memberhentikan motornya.

Menanggapi hal ini, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, pada saat akan melakukan perjalanan, pengendara sebaiknya mengetahui jalur yang akan dilalui agar dapat membuat momentum.

Baca juga: Honda Bawa BR-V Baru Sowan ke Semarang

“Ketika kita mengetahui bahwa rute yang akan dilewati itu menanjak dan cukup tinggi, maka yang perlu diperhatikan pertama adalah kita harus mengambil momentum yang pas untuk dapat mencapai atas,” ucap Agus, belum lama ini saat dihubungi Kompas.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Agoez Bandz Official (@agoez_bandz4)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Agus, pengemudi harus sudah mengambil ancang-ancang dari bawah sebelum menanjak. Hal ini dimaksudkan untuk membantu kinerja mesin agar kuat menanjak sampai ke atas.

Apabila tiba-tiba di tengah tanjakan berhenti atau kecepatan berkurang karena ada objek yang menghalangi, maka tindakan yang dilakukan yakni dengan mengendarai kendaraan dengan cara zig-zag.

Baca juga: Bulan Ini Servis Motor Honda di Seluruh AHASS Jawa Barat Lebih Murah

“Karena dengan cara zig-zag, beban motor akan menjadi lebih ringan jika dibandingkan dengan mengendarai motor dengan keadaan lurus,” ucapnya.

Kemudian, pada saat di tanjakan terjal, postur atau posisi pengendara diusahakan agar sedikit membungkuk ke depan untuk menyeimbangkan beban motor tersebut.

“Jika nantinya masih tidak kuat, sebaiknya kurangi beban kendaraan dan gunakan kedua rem saat berhenti,” kata Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.