IMI Dorong Indonesia Punya Berbagai Sirkuit Kelas Dunia

Kompas.com - 13/10/2021, 12:02 WIB
Foto udara bentuk lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (9/10/2021). Sirkuit Mandalika sepanjang 4,31 km yang dibangun oleh ITDC tersebut resmi bernama Pertamina Mandalika International Street Circuit yang pada tahun ini akan diujicobakan dengan beberapa kejuaraan balap internasional seperti Idemitsu Asia Talent Cup yang akan menjadi ajang pembuka di Sirkuit Mandalika pada 12-14 November 2021 disusul dengan World Superbike yang berlangsung seminggu setelahnya yaitu 19-21 November 2021 serta tes pramusim MotoGP pada tanggal 11-13 Februari 2022 dan MotoGP Indonesia pada Maret 2022. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc.
ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDIFoto udara bentuk lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (9/10/2021). Sirkuit Mandalika sepanjang 4,31 km yang dibangun oleh ITDC tersebut resmi bernama Pertamina Mandalika International Street Circuit yang pada tahun ini akan diujicobakan dengan beberapa kejuaraan balap internasional seperti Idemitsu Asia Talent Cup yang akan menjadi ajang pembuka di Sirkuit Mandalika pada 12-14 November 2021 disusul dengan World Superbike yang berlangsung seminggu setelahnya yaitu 19-21 November 2021 serta tes pramusim MotoGP pada tanggal 11-13 Februari 2022 dan MotoGP Indonesia pada Maret 2022. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mendorong Indonesia mempunyai berbagai sirkuit berkelas internasional untuk mendukung olahraga sport.

Hal ini selaras dengan pernyataannya belum lama ini yang menyebut ingin mengembangkan kawasan Sentul, Jawa Barat, sebagai Pusat Olahraga dan Mobilitas Otomotif Indonesia.

Baca juga: Bersihkan Mesin Motor Jangan Pakai Bensin

Mengingat di Sentul sudah terdapat dua sirkuit bertaraf internasional, yakni Sirkuit Internasional Sentul, Sirkuit Internasional Karting Sentul, dan kini sedang dibangun Stage Park Sentul.

Ilustrasi One Make Race Honda Jazz di Sirkuit SentulIstimewa Ilustrasi One Make Race Honda Jazz di Sirkuit Sentul

"Ini kan Sentul sedang melakukan pengembangan, saya memberikan motivasi bahwa Indonesia cukup luas. Italia, Perancis negara kecil, tapi memiliki banyak sirkuit berkelas internasional," katanya di Jakarta, Selasa (12/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi Mandalika ada sirkuit internasional, nanti Bintan sirkuit internasional, Bali ada sirkuit internasonal, dan Sentul tidak jauh dari Jakarta ada sirkuit internasional, dan Tanjung Lesung ada sirkuit internasional. Bali yang saya gagas ini ada sirkuit gokart internasional," katanya.

Mengenai Stage Park Sentul yang disebut segera selesai, ke depan bisa digunakan untuk balapan sprint rally, speed offroad, adventure offroad, dan motocross.

Baca juga: Ini Dia Toyota Rumion, Kembarannya Suzuki Ertiga

Galang Hendra mencoba kebolehan Yamaha All New Aerox 155 di Sirkuit Sentul Karting, BogorIstimewa Galang Hendra mencoba kebolehan Yamaha All New Aerox 155 di Sirkuit Sentul Karting, Bogor

"Kegiatan olahraga internasional, bisa saja WRC, tapi tidak tahun ini pasti tahun, yang saya katakan bukan sirkuit internasional Sentul yang sekarang sirkuit internasional yang dekat Hambalang kan ada pengembangan yang kemarin," katanya.

Bamsoet menilai, dengan banyaknya sirkuit berkelas internasional, diharapkan ke depan dapat meningkatkan potensi kegiatan olahraga sport.

"Kita berharap banyak investor yang hadir melalui kegiatan olahraga, sport tourism. IMI berperan menggaet investor untuk menginvestasikan dananya dan memutar uangnya dengan kegiatan otomotif," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.