Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Belajar dari Peristiwa Sedan Terbakar di Tol JORR, Jangan Panik

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial unggahan video yang memperlihatkan mobil sedan terbakar habis di Jalan Tol JORR. Nampak sedan tersebut sudah tidak terselamatkan karena api menyelimuti keseluruhan bodi mobil.

Dari keterangan pada unggahan akun Instagram @jktinfo, peristiwa tersebut terjadi pada Minggu (10/10/2021). Lebih detail, lokasi kejadian berada di Tol JORR arah Jakarta, Cipayung, Jakarta Timur.

Kuat dugaan, mobil sedan ini terbakar bermula dari percikan api akibat korsleting pada sistem kelistrikannya.

Kejadian mobil terbakar bisa menimpa siapa saja dan kapan saja. Tidak cuma karena korsleting, sejumlah faktor lain juga bisa jadi penyebabnya. Namun, yang paling penting pengemudi harus bisa mengontrol emosi dan tidak mudah panik.

Usai meminggirkan mobil yang sudah berasap atau bahkan timbul api ke area yang aman, evakuasi penumpang harus segera dilakukan. Selain itu, segera ambil alat pemadam api ringan (APAR) yang sudah dibawa di dalam mobil.

Sony menyarankan untuk menggunakan APAR jika ukuran api belum membesar dan mampu disemprot oleh APAR. Namun jika kobaran api sudah membesar, butuh tim pemadam kebakaran yang memiliki peralatan lebih lengkap.

APAR yang ada di dalam mobil hanya bisa menangani kebakaran yang sifatnya masih terkendali atau belum membesar. Api yang sudah membesar tidak akan sanggup ditangani oleh semprotan dari APAR.

“Memang kalau tidak segera ditangani api pasti semakin besar, karena banyak dari material mobil tidak fireproof,” kata Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/11/141200215/belajar-dari-peristiwa-sedan-terbakar-di-tol-jorr-jangan-panik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke