BMW dan MINI Tidak Terdampak Krisis Cip Semikonduktor

Kompas.com - 08/10/2021, 15:41 WIB
Booth BMW di IIMS Hybrid 2021. KOMPAS.com/DIO DANANJAYABooth BMW di IIMS Hybrid 2021.


JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi kelangkaan komponen cip semikonduktor sedikit banyak mempengaruhi operasional sejumlah merek otomotif di Indonesia. Salah satunya BMW Group Indonesia.

Meski demikian, Jodie O’tania, Director of Communications BMW Indonesia mengatakan, krisis cip global tidak akan memengaruhi produksi BMW dan MINI hingga akhir 2021.

“Soal kelangkaan cip bisa kita pastikan sampai dengan akhir 2021 itu tidak ada dampaknya. Bahkan MINI itu sekarang tidak terdampak keterbatasan chip ini,” ucap Jodie saat ditemui Kompas.com, di Jakarta Selatan, Kamis (7/10/2021).

Baca juga: Pertalite Langka di Sumatera Utara, Bagaimana di Jakarta dan Sekitarnya?

Kondisi kekurangan pasokan cip semi konduktor ini diprediksi akan berlangsung hingga 2023 mendatang. Apalagi, sampai saat ini belum terlihat pemilihan signifikan sektor terkait.

Plaza MINI SenopatiMINI Plaza MINI Senopati

Menurut Jodie, keterbatasan cip ini tak hanya dirasakan oleh industri otomotif saja tetapi juga semua industri. Melihat kondisi ini, ia mengaku bahwa pihaknya sudah memiliki strategi terkait kelangkaan komponen cip semikonduktor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Berantas ODOL, Kemenhub Ingatkan Pentingnya Keselamatan

“Strategi yang dikedepankan BMW untuk mengatasi masalah ini ialah dengan menjaga rantai pasokan. Karena kita perusahaan global, strategi untuk memprioritaskan supply chain kita itulah yang bisa membuat akhirnya kita bisa mengatur stok sampai akhir 2021,” kata dia.

Selain diterapkan untuk BMW, strategi global ini pun berlaku untuk MINI. Sehingga, hingga saat ini pasokan untuk BMW dan MINI belum terpengaruh oleh kelangkaan cip semikonduktor tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.