Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Blind Spot Saat Berkendara, Begini Cara Mengantisipasinya

Kompas.com - 08/10/2021, 13:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara di jalan raya tentu saja membutuhkan fokus dan juga kewaspadaan terhadap sekitar. Karena saat berada di jalan, tidak hanya berkendara sendiri, melainkan ada banyak kendaraan berbagai ukuran dalam satu lajur jalan.

Dalam mengendarai kendaraan, tentu saja kita menjumpai keadaan atau area yang tidak terlihat pada saat posisi berkendara atau yang disebut dengan blind Spot.

Baca juga: Solidaritas Pengemudi Truk Patah oleh Penjahat Bersenjata

Sebisa mungkin pengendara menghindari area blind spot saat berkendara guna mencegah adanya kendaraan lain yang tidak terlihat.

Sebab, kondisi tersebut berpotensi terjadinya kecelakaan lalu lintas karena pengemudi tidak mengetahui keberadaan kendaraan lain.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seorang pengendara untuk meminimalisir titik buta pada kendaraannya.

Ilustrasi pilar blind spotStanly/Otomania Ilustrasi pilar blind spot

“Untuk meminimalisir bisa memaksimalkan area pandang pada spion, jadi atur spion semaksimal mungkin sebelum jalan,” kata Marcell kepada Kompas.com belum lama ini.

Selain itu, pengemudi juga dapat menambahkan piranti lain seperti blind spot mirror yang dapat mengurangi blind spot pada saat mengemudi. Perangkat ini bisa meminimalisir area blind spot yang tidak bisa terpantau oleh pengendara saat berkendara di jalan raya.

Baca juga: Cara Diler Honda Kenalkan All New BR-V ke Konsumen

“Bisa menggunakan blind spot mirror atau menambahkan blind spot detection system,” katanya.

Cara lainnya yakni dengan memperhatikan jalur yang aman sebelum memutuskan untuk berpindah jalur atau mendahului kendaraan di depan.

“Jangan lupa untuk menengok terlebih dahulu sebelum berpindah jalur, karena bisa saja ada mobil yang terjebak di blind spot kita,” kata dia.

Ilustrasi zona blind spotwww.vandusengm.com Ilustrasi zona blind spot

Selanjutnya, langkah yang terakhir untuk mencegah blind spot bisa juga dengan mencondongkan badan sebelum berbelok.

Baca juga: Kebiasaan Buruk Pengemudi yang Bisa Merusak Transmisi Mobil Matik

“Condongkan badan ke kiri saat akan berbelok ke kanan, ini untuk meminimalisir blind spot dari pilar A kendaraan sebelah kanan,” ucapnya.

Dengan menerapkan beberapa langkah tersebut maka area blind spot saat mengendarai kendaraan pribadi juga bisa diminimalisir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com