Awas Macet, Simak Rekayasa Lalu Lintas di Jakarta Timur

Kompas.com - 06/10/2021, 18:51 WIB
Ilustrasi lalu lintas kendaraan di London, Inggris. ITV.com/PAIlustrasi lalu lintas kendaraan di London, Inggris.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menerapkan rekayasa lalu lintas di wilayah Jakarta Timur, menyusul adanya pekerjaan box culvert dan crossing buis beton oleh Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Administrasi Jakarta Timur.

Pengerjaan tersebut berlokasi di Jalan I Gusti Ngurah Rai sisi utara dan sisi selatan, atau dari depan Kantor PMI Jakarta Timur sampai dengan putaran (u-turn) Gedung PPP.

"Pengerjaan dilakukan pada 2 Oktober 2021 hingga 15 Desember 2021. Oleh karenanya, kita terapkan rekayasa lalu lintas," kata Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam keterangan tertulis, Senin (4/10/2021).

Baca juga: Soal Elektrifikasi dan Teknologi, Nissan Pilih Jagokan e-Power

Pembangunan saluran air sepanjang 878 meter di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, dimulai pada hari ini, Senin (27/9/2021) dan direncanakan selesai pada 15 Desember 2021. Dok. Sudin Kominfotik Jakarta Timur Pembangunan saluran air sepanjang 878 meter di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, dimulai pada hari ini, Senin (27/9/2021) dan direncanakan selesai pada 15 Desember 2021.

Ia melanjutkan, pengerjaan akan dilakukan dalam dua tahap. Di mana, pada tahap pertamadilaksanakan di sisi Utara Jalan I Gusti Ngurah Rai dari arah Barat (Jatinegara) menuju ke arah Timur (Kantor Walikota Administrasi Jakarta Timur).

Kemudian, tahap kedua dilaksanakan pekerjaan Crossing Buis Beton di sisi Selatan Jalan I Gusti Ngurah Rai dari arah Timur (Kantor Walikota Administrasi Jakarta Timur) menuju ke arah Barat (Jatinegara).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Para pengguna jalan kami harap dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan mengikuti petunjuk petugas di lapangan, serta mengutamakan keselamatan di jalan," Syafrin.

Baca juga: Aksi Solidaritas Pengemudi Truk Gagalkan Pencurian Ban Serep

Pemerintah Kota Jakarta Timur akan membangun saluran air sepanjang 878 meter di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Klender, Duren Sawit.Dok. Sudin Kominfotik Jakarta Timur Pemerintah Kota Jakarta Timur akan membangun saluran air sepanjang 878 meter di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Klender, Duren Sawit.

Lebih rinci, berikut pengaturan lalu lintas saat pengerjaan saat Box Culvert:

1) Untuk kendaraan berat dengan JBB di atas 5.500 kg dilarang melintas pukul 04.00 s.d. 22.00 dari arah Barat (Jatinegara) menuju ke arah Timur (Kantor Walikota Jakarta Timur), disarankan agar melalui ruas jalan Jalan I Gusti Ngurah Rai (TL Stasiun Klender) belok kanan-Jalan Pahlawan Revolusi (TL Fly Over Pondok Bambu), belok kiri Jalan Kolonel Sugiono (TL Mc Donald's Raden Inten), belok kiri Jalan Raden Inten II (TL Buaran) atau lurus Jalan RS. Soekanto;

2) Arah sebaliknya, dari arah Timur (Kantor Walikota Administrasi Jakarta Timur) menuju ke arah Barat (Jatinegara) pengaturan lalu lintas berlaku normal;

Baca juga: Menanti Kehadiran Mobil Listrik Mazda di Indonesia

Sementara pengaturan lalu lintas saat pembangunan Crossing Buis Beton ialah sebagai berikut:

1) Untuk kendaraan berat dengan JBB di atas 5.500 kg dilarang melintas mulai pukul 04.00 s.d. 22.00 dari arah Timur (Kantor Walikota Jakarta Timur) menuju ke arah Barat (Jatinegara), disarankan agar melalui ruas jalan Jalan I Gusti Ngurah Rai (TL Buaran) belok kiri-Jalan Raden Inten II (TL Mc Donald's Raden Inten) belok kanan Jalan Kolonel Sugiono (TL Fly Over Pondok Bambu), belok kanan Jalan Pahlawan Revolusi (TL Stasiun Klender) atau lurus Jalan Basuki Rachmat;

2) Sedangkan arah sebaliknya dari arah Barat (Jatinegara) menuju ke arah Timur (Kantor Walikota Administrasi Jakarta Timur) pengaturan lalu lintas berlaku normal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.