Berlaku Bulan Ini, Simak Bocoran PPnBM Mobil Toyota Setelah Carbon Tax

Kompas.com - 01/10/2021, 08:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 73 tahun 2019, penerapan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang dihitung berdasarkan emisi gas buang atau carbon tax bergulir mulai Oktober 2021.

Dalam aturan itu, perhitungan PPnBM tidak lagi ditentukan dari bentuk bodi seperti sedan atau bukan, penggerak 4x2 atau 4x4, dan sebagainya.

Regulasi tersebut kemudian mendapat revisi melalui Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2021, terkait PPnBM untuk mobil listrik murni, hybrid, PHEV, maupun fuel cell.

Baca juga: Innova Nekat Terabas Banjir dengan Ketinggian Air hingga Kap Mesin

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang (kiri) bersama Ketua MPR yang juga ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (kanan) meninjau stan Toyota untuk mobil listrik pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Menteri Perindustrian Agus Gumiwang (kiri) bersama Ketua MPR yang juga ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (kanan) meninjau stan Toyota untuk mobil listrik pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Dengan berlakunya skema pajak baru ini, sejumlah APM mulai melakukan persiapan untuk mengubah harga jual produk-produknya, salah satunya Toyota.

Berdasarkan info dari sumber Kompas.com, ada sejumlah model yang mengalami penurunan harga, tapi ada juga yang naik.

Misal untuk sedan, hampir semua model seperti Vios, Corolla Altis, dan Camry bakal turun harga. Sebab revisi PPnBM membuat besaran pajak sedan turun seperti halnya mobil penumpang biasa.

Baca juga: Video Viral Mobil Ditilang karena Bawa Sepeda di Kabin, Polisi Akui Salah dan Minta Maaf

Sedan Toyota Vios jadi salah satu pilihan di IIMS 2018Kompas.com/Setyo Adi Sedan Toyota Vios jadi salah satu pilihan di IIMS 2018

Dari bocoran yang diterima redaksi Kompas.com, Vios yang tadinya dikenakan PPnBM 30 persen, turun menjadi 15 persen.

Sementara itu, Corolla Altis dan Camry tipe bensin dari 40 persen menjadi 20 persen. Adapun Corolla Altis dan Camry tipe hybrid, yang sebelumnya 40 persen, turun menjadi 15 persen.

Kemudian mobil LCGC seperti Agya dan Calya bakal mengalami kenaikan harga, karena dikenakan PPnBM 3 persen, dari sebelumnya 0 persen.

Baca juga: Daftar Lengkap Tarif Bus AKAP Mewah Pandawa 87

Toyota Avanza IIMS Hybrid 2021KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Toyota Avanza IIMS Hybrid 2021

Begitu juga Avanza dan Rush harus mengalami kenaikan PPnBM, dari awalnya hanya 10 persen, menjadi 15 persen. Termasuk juga Raize dengan besaran PPnBM yang sama.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.