Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tercepat di Hari Pertama, Marquez Mengaku Tidak Maksimal Saat Balapan

Kompas.com - 02/10/2021, 13:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez menguasai hari pertama MotoGP Amerika 2021 di Sirkuit Austin, Texas. Dia berhasil menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas FP1 dan FP2.

Meski demikian, Marquez mengaku tidak membalap dengan baik. Menurutnya, feeling di atas motor tidak begitu baik.

"Ini aneh, saya senang dengan hasilnya, tapi tidak dengan performa dan feeling. Maksudnya, feeling yang saya rasakan bukan yang terbaik," ujar Marquez, dikutip dari Crash.net, Sabtu (2/10/2021).

Baca juga: Hasil FP2 MotoGP Amerika 2021, Marquez Tercepat, Rossi ke-17

Marquez menambahkan, salah satu poin terkuatnya dulu adalah tikungan 1 dan sekarang dia justru kehilangan banyak waktu di sana. Khususnya, pada tikungan 3, 4, dan 5, Marquez mengaku tidak bisa mengubah arah dan sedikit lambat. Namun, tetap saja catatan waktunya yang tercepat.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

"Saya berharap besok akan hujan sedikit saat latihan, karena dengan begitu saya bisa bertahan sepanjang akhir pekan lebih baik," kata Marquez.

Baca juga: Hasil FP1 MotoGP AS 2021 - Marquez Tercepat, Rossi Ke-20

Sebab, dengan membalap di kondisi trek basah, tenaga tidak akan begitu terkuras dibandingkan saat kondisi trek kering. Sehingga, Marquez dengan bahunya yang masih lemah bisa bertahan lebih lama.

"Ini adalah sirkuit dan layout yang saya suka, tapi gundukan di sirkuit sudah sampai limit. Kondisi permukaannya sudah di limit, karena itu bukan gundukan sebenarnya, tapi lebih seperti permukaan yang bergerak, itu sangat sulit," ujar Marquez.

Menurut Marquez, gundukan yang membuat permukaan sirkuit tidak rata di Sirkuit Austin ini tidak normal. Salah satu yang membuat sulit adalah mengadaptasikan racing line dengan kondisi permukaan sirkuit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com