Tercepat di Hari Pertama, Marquez Mengaku Tidak Maksimal Saat Balapan

Kompas.com - 02/10/2021, 13:21 WIB
Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP) MIRCO LAZZARI GPMarc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez menguasai hari pertama MotoGP Amerika 2021 di Sirkuit Austin, Texas. Dia berhasil menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas FP1 dan FP2.

Meski demikian, Marquez mengaku tidak membalap dengan baik. Menurutnya, feeling di atas motor tidak begitu baik.

"Ini aneh, saya senang dengan hasilnya, tapi tidak dengan performa dan feeling. Maksudnya, feeling yang saya rasakan bukan yang terbaik," ujar Marquez, dikutip dari Crash.net, Sabtu (2/10/2021).

Baca juga: Hasil FP2 MotoGP Amerika 2021, Marquez Tercepat, Rossi ke-17

Marquez menambahkan, salah satu poin terkuatnya dulu adalah tikungan 1 dan sekarang dia justru kehilangan banyak waktu di sana. Khususnya, pada tikungan 3, 4, dan 5, Marquez mengaku tidak bisa mengubah arah dan sedikit lambat. Namun, tetap saja catatan waktunya yang tercepat.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

"Saya berharap besok akan hujan sedikit saat latihan, karena dengan begitu saya bisa bertahan sepanjang akhir pekan lebih baik," kata Marquez.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Hasil FP1 MotoGP AS 2021 - Marquez Tercepat, Rossi Ke-20

Sebab, dengan membalap di kondisi trek basah, tenaga tidak akan begitu terkuras dibandingkan saat kondisi trek kering. Sehingga, Marquez dengan bahunya yang masih lemah bisa bertahan lebih lama.

"Ini adalah sirkuit dan layout yang saya suka, tapi gundukan di sirkuit sudah sampai limit. Kondisi permukaannya sudah di limit, karena itu bukan gundukan sebenarnya, tapi lebih seperti permukaan yang bergerak, itu sangat sulit," ujar Marquez.

Menurut Marquez, gundukan yang membuat permukaan sirkuit tidak rata di Sirkuit Austin ini tidak normal. Salah satu yang membuat sulit adalah mengadaptasikan racing line dengan kondisi permukaan sirkuit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.