Bus Baru PO Bin Ilyas, Pakai Sasis Tronton Premium

Kompas.com - 29/09/2021, 09:02 WIB
Bus pariwisata baru PO Bin Ilyas DOK. LAKSANABUSBus pariwisata baru PO Bin Ilyas

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan Otobus (PO) Pariwisata Bin Ilyas meluncurkan satu unit bus baru dari karoseri Laksana. Bus tersebut memakai sasis tronton, Mercedes Benz OC 500 RF 2542 yang dipasangkan bodi Legacy SR2 XHD Prime.

Uniknya dari unit ini ada di bagian eksterior, di mana livery dibuat seperti bus tingkat. Jika dilihat dari bagian samping, ada bagian yang dicat hitam, sehingga menimbulkan efek layaknya bus memiliki dua lantai.

Namun sebenarnya, bodi Legacy SR2 XHD ini hanya single deck, alias tidak tingkat. Begitu juga livery di dekat selendang, dibuat layaknya milik Legacy SR2 Double Decker, mungkin orang awam akan melihatnya seperti bus tingkat.

Baca juga: Keliling Dieng-Yogyakarta Pakai DAMRI, Mulai Rp 25.000

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beralih ke bagian kabin, bus ini bisa memuat sampai 70 orang. Susunan bangkunya pun dua di kiri dan tiga di kanan (2-3) tanpa leg rest, sehingga memaksimalkan kapasitas dari bus yang punya panjang 13,5 meter ini.

Fasilitas lainnya yaitu adanya smoking area di bagian belakang. Sehingga ketika bus ini disewa, penumpang bisa merokok di bagian belakang kabin, walaupun tidak ada toilet di dalamnya.

Baca juga: EHang 216 Taksi Terbang Pertama di Indonesia, Masih Menunggu Izin

Selain itu, di bagian depan juga tersedia dispenser yang bisa digunakan penumpang. Secara standar, bus ini biasanya sudah dilengkapi dengan sistem hiburan berupa audio dan TV di bagian depan kabin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.