Unitnya Langka, Ertiga Diesel Bekas Dijual Mulai Rp 129 Juta

Kompas.com - 29/09/2021, 14:12 WIB
Uji Konsumsi Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Stanly/KompasOtomotifUji Konsumsi Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki pernah memproduksi Ertiga dengan dapur pacu diesel. Mobil low multi purpose vehicle (LMPV) ini pertama kali mengaspal di jalanan Indonesia pada tahun 2016.

Ertiga diesel mengandalkan dapur pacu berkode D13A dengan teknologi Diesel Direct Injection System (DDIS). Kubikasi mesin ini sebesar 1.248 cc.

Berbekal mesin tersebut, Ertiga diesel mampu menghasilkan tenaga hingga 89 tk pada 4.000 rpm dan torsi 200 Nm pada putaran bawah 1.750 rpm.

Tenaga tersebut lantas disalurkan melalui sistem transmisi manual 5-percepatan ke roda depan. Betul, Ertiga diesel juga mengandalkan sistem penggerak front wheel drive (FWD) seperti saudaranya yang menenggak bensin.

Baca juga: Tips Hindari Pencurian Pecah Kaca Mobil, Kaca Jangan Ditutup Full

Sayangnya, Ertiga diesel hanya bertahan di kontestasi pasar otomotif segmen LMPV selama dua tahun saja. Pada tahun 2018, Suzuki mulai menyuntik mati mobil peminum solar ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sensasi berkendara Ertiga Diesel HybridStanly/KompasOtomotif Sensasi berkendara Ertiga Diesel Hybrid

Akibat hanya dijual selama dua tahun, populasi Ertiga diesel terbilang langka di pasar mobil bekas. Hanya sedikit Ertiga diesel yang bisa ditemui di sejumlah bursa mobil bekas daring.

Dari pantauan Redaksi Kompas.com di sejumlah bursa mobil bekas daring, Rabu (29/9/2021), Ertiga diesel bekas termurah masih dibanderol di angka lebih dari Rp 100 juta.

Baca juga: Pasukan VR46 Bertambah Besar, Turunkan Empat Tim Balap

Melansir Kompas.com, Fleet Sales & Business Initiative Manager PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Hendro Kaligis menjelaskan bahwa harga Ertiga diesel bekas yang stabil memang disebabkan populasinya yang jarang ada di pasaran.

“Kalau harga di-compare dengan harga belinya dulu, penurunannya memang sedikit. Ciri khas mobil yang jualannya sedikit seperti itu, ketika dijual bekasnya unitnya jarang, sementara pasarnya ada,” kata dia.

Sebagai referensi, berikut daftar harga Ertiga diesel yang dirangkum dari sejumlah bursa mobil bekas daring pada akhir September ini.

  • Ertiga Diesel M/T tahun 2016 harga Rp 138 juta
  • Ertiga Diesel M/T tahun 2017 harga Rp 129 juta
  • Ertiga Diesel M/T tahun 2017 harga Rp 139 juta
  • Ertiga Diesel M/T tahun 2017 harga Rp 140 juta
  • Ertiga Diesel M/T tahun 2018 harga Rp 145 juta
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.