Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unitnya Langka, Ertiga Diesel Bekas Dijual Mulai Rp 129 Juta

Kompas.com - 29/09/2021, 14:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki pernah memproduksi Ertiga dengan dapur pacu diesel. Mobil low multi purpose vehicle (LMPV) ini pertama kali mengaspal di jalanan Indonesia pada tahun 2016.

Ertiga diesel mengandalkan dapur pacu berkode D13A dengan teknologi Diesel Direct Injection System (DDIS). Kubikasi mesin ini sebesar 1.248 cc.

Berbekal mesin tersebut, Ertiga diesel mampu menghasilkan tenaga hingga 89 tk pada 4.000 rpm dan torsi 200 Nm pada putaran bawah 1.750 rpm.

Tenaga tersebut lantas disalurkan melalui sistem transmisi manual 5-percepatan ke roda depan. Betul, Ertiga diesel juga mengandalkan sistem penggerak front wheel drive (FWD) seperti saudaranya yang menenggak bensin.

Baca juga: Tips Hindari Pencurian Pecah Kaca Mobil, Kaca Jangan Ditutup Full

Sayangnya, Ertiga diesel hanya bertahan di kontestasi pasar otomotif segmen LMPV selama dua tahun saja. Pada tahun 2018, Suzuki mulai menyuntik mati mobil peminum solar ini.

Sensasi berkendara Ertiga Diesel HybridStanly/KompasOtomotif Sensasi berkendara Ertiga Diesel Hybrid

Akibat hanya dijual selama dua tahun, populasi Ertiga diesel terbilang langka di pasar mobil bekas. Hanya sedikit Ertiga diesel yang bisa ditemui di sejumlah bursa mobil bekas daring.

Dari pantauan Redaksi Kompas.com di sejumlah bursa mobil bekas daring, Rabu (29/9/2021), Ertiga diesel bekas termurah masih dibanderol di angka lebih dari Rp 100 juta.

Baca juga: Pasukan VR46 Bertambah Besar, Turunkan Empat Tim Balap

Melansir Kompas.com, Fleet Sales & Business Initiative Manager PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Hendro Kaligis menjelaskan bahwa harga Ertiga diesel bekas yang stabil memang disebabkan populasinya yang jarang ada di pasaran.

“Kalau harga di-compare dengan harga belinya dulu, penurunannya memang sedikit. Ciri khas mobil yang jualannya sedikit seperti itu, ketika dijual bekasnya unitnya jarang, sementara pasarnya ada,” kata dia.

Sebagai referensi, berikut daftar harga Ertiga diesel yang dirangkum dari sejumlah bursa mobil bekas daring pada akhir September ini.

  • Ertiga Diesel M/T tahun 2016 harga Rp 138 juta
  • Ertiga Diesel M/T tahun 2017 harga Rp 129 juta
  • Ertiga Diesel M/T tahun 2017 harga Rp 139 juta
  • Ertiga Diesel M/T tahun 2017 harga Rp 140 juta
  • Ertiga Diesel M/T tahun 2018 harga Rp 145 juta
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com