Lorenzo Ungkap Alasan Pebalap Yamaha Lainnya Tak Bisa Sekencang Rossi

Kompas.com - 29/09/2021, 07:42 WIB
Dua pebalap Yamaha di MotoGP, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. MotorsportDua pebalap Yamaha di MotoGP, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Maverick Vinales mengaku frustrasi tidak bisa kompetitif dengan Yamaha YZR-M1 hingga akhirnya dia memutuskan untuk berpisah lebih awal.

Kejadian tersebut menarik perhatian mantan pebalap Yamaha, Jorge Lorenzo.

Selain Valentino Rossi, hanya Lorenzo yang berhasil menjadi juara dunia di era MotoGP bersama Yamaha. Kedua pebalap ini mampu tampil sangat kompetitif dengan Yamaha M1.

Baca juga: Lorenzo Puji Marquez, Sebut Terbaik dari Teknis, Fisik, dan Mental

Selain Rossi dan Lorenzo, tak banyak pebalap Yamaha lainnya yang bisa akur dengan karakter M1. Banyak pebalap yang gagal kompetitif dengan Yamaha.

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo saat pengujian ban Michelineurosport Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo saat pengujian ban Michelin

Kecuali Fabio Quartararo, yang sejak musim 2019, mampu mencuri perhatian di musim pertamanya. Bahkan, sekarang pebalap asal Perancis itu memimpin klasemen sementara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Seperti yang terjadi pada saya, Yamaha beradaptasi dengan sangat baik pada gaya balap Quartararo," ujar Lorenzo, dikutip dari Tuttomotoriweb.it, Selasa (28/9/2021).

Baca juga: Lorenzo Sebut Quartararo Bisa Gagal Jadi Juara Dunia MotoGP

Lorenzo menambahkan, pebalap yang bagus seperti Vinales, mungkin gaya balapnya tidak cocok dengan Yamaha. Sehingga, sulit untuk menyamai level Quartararo.

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzomotogp.com Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo

"Itu juga terjadi pada Cal Crutchlow, Andrea Dovizioso, Pol Espargaro, atau Ben Spies, mereka tidak bisa sekencang Valentino Rossi atau saya," kata Lorenzo.

Lorenzo mengatakan, tidak ada yang menyangka Quartararo bisa sangat kompetitif sejak awal bersama Petronas Yamaha Sepang Racing Team (SRT) di 2019. Banyak yang terkejut, karena Quartararo sudah empat tahun di Moto3 dan Moto2 tanpa hasil yang bagus.

Baca juga: Keliling Dieng-Yogyakarta Pakai DAMRI, Mulai Rp 25.000

Pebalap Movistar Yamaha asal Italia, Valentino Rossi (tengah) berdiskusi dengan rekan satu timnya, Jorge Lorenzo (kiri), saat sesi kualifikasi GP Aragon di Sirkuit Motorland, Sabtu (27/9/2014).MOTOGP.COM Pebalap Movistar Yamaha asal Italia, Valentino Rossi (tengah) berdiskusi dengan rekan satu timnya, Jorge Lorenzo (kiri), saat sesi kualifikasi GP Aragon di Sirkuit Motorland, Sabtu (27/9/2014).

Padahal, sebelum masuk Moto3, Quartararo digadang-gadang sebagai bintang di masa depan, pebalap yang bisa bersaing dengan Marc Marquez.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.