Jajal Piaggio Zip Electric, Kutu Listrik yang Ciamik

Kompas.com - 28/09/2021, 13:41 WIB
Piaggio Zip elektrik Foto: KOMPAS.com/AdityoPiaggio Zip elektrik
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Piaggio One resmi diperkenalkan Juni 2021 di Beijing Motor Show. Tapi karena "romannya" masih lama ke Indonesia, Kompas.com menjajal saudaranya, Piaggio Zip Electric.

Zip Electric ini merupakan hasil modifikasi atau disebut juga konversi. Mesin pembakaran standar kini berganti jadi jantung listrik. Senyap, ramah lingkungan, tapi tetap bisa ngebut.

Baca juga: Strategi Laksana Meluncurkan Bodi Baru Legacy SR2 Panorama

Piaggio Zip elektrikFoto: KOMPAS.com/Adityo Piaggio Zip elektrik

Dharmawan Somaatmadja, punggawa Emostra Garage yang bermarkas di bilangan Jeruk Purut, Jakata Selatan, mengatakan, dari awal memang sudah terpikir membuat Zip listrik.

"Awalnya saya suka Zip karena dulu harganya masih murah. Kebetulan pada saat itu baru gabung di Kosmik sekitar dua setengah tahun lalu dan ingin punya Zip listrik," kata Mawan panggilannya kepada Kompas.com belum lama ini

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kompas.com dibolehkan menjajal sebentar Zip Electric, untuk merasakan bagaimana membawa skuter merek Italia berbadan mungil itu saat tidak perlu lagi knalpot.

Baca juga: Khawatir Kondisi Pandemi di AS, Aleix Espargaro Pakai Masker Dobel

Piaggio Zip ElectricKOMPAS.com/Adityo Piaggio Zip Electric

Saat pertama naik di jok kondisinya bisa dibilang sama dengan Zip standar. Perbedaannya hanya pada detailnya saja. Di mana di panelmeter kini tersedia indikator baterai dan voltase.

Kemudian di pangkal setang kanan tersedia tombol ride mode. Tiap mode memberikan keluaran daya yang berbeda. Kompas.com menjajal mode yang paling tinggi.

Posisi duduknya sama seperti Zip pada umumnya. Saat digas tarikannya terasa responsif. Saat ditanya, Mawan mengatakan motornya bisa dipacu sampai kecepatan 80 kpj.

Baca juga: Strategi Jangka Menengah Dalam Mempercepat Era Kendaraan Listrik

Piaggio Zip elektrikFoto: KOMPAS.com/Adityo Piaggio Zip elektrik

Kesimpulan prematur, tarikan Zip Electric cukup terasa sebab bodinya kecil. Mengutip Ultimate Specs, Zip standar memiliki panjang 1.690 mm, lebar 1.215 mm, tinggi 650 mm dan berat 86 kg.

Spesifikasi Zip Electric ini disokong baterai berkapasitas 60 Volt 25 Ampere. Motor listrik atau dinamo dari QS V1 dengan daya 2.000 W. Sedangkan kontroler pakai Nandjing 72240.

"Top speed kemarin saya tes 80 kpj. Jarak tempuh belum dihitung. Tapi riding kemarin sekitar 40 km itu masih sisa jadi kayanya lebih. Kalau di atas kertas dengan 25 Ampere kurang lebih 60 km tergantung tangan," kata Mawan.

Piaggio Zip ElectricKOMPAS.com/Adityo Piaggio Zip Electric

Di atas kertas spesifikasi itu tak kalah dari Piaggio One Active, yaitu varian paling tinggi yang memakai baterai 2.3 kWh, motor 2kW punya torsi 95 Nm dan mampu digeber sampai 60 kpj.

Mawan mengatakan, soal performa motor listrik pada dasarnya tergantung kesiapan finansial. Keluaran daya bisa diatur dari kontroler sesuai kemampuan dinamo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.