Masih Banyak Pengendara Motor Egois Berkendara Sambil Merokok

Kompas.com - 27/09/2021, 10:22 WIB
Ilustrasi merokok shutterstockIlustrasi merokok

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang yang sulit untuk menahan kebiasaan merokok. Saking sulitnya, bahkan saat mengendarai sepeda motor pun masih ada sebagaian orang yang melakukannya sambil merokok.

Seperti contoh pria yang ditegur oleh petugas kepolisian dalam unggahan akun instagram @kabarjakarta1.

Artinya, masih ada sebagian perokok yang mengabaikan adanya bahaya yang mengintai di balik aktivitas tersebut. Padahal, jika diperhatikan, akibatnya bisa sangat fatal.

Bicara dari sisi safety driving, segala bentuk prilaku yang mengganggu konsentrasi berkendara memang harus dihindari, terlebih lagi merokok.

Baca juga: Ternyata Ini Arti Kode R pada Profil Ban Mobil

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sonny Susmana mengatakan, bahaya yang utama merokok saat berkendara adalah soal abu rokok yang bisa terbang tanpa arah dan berpotensi merusak mata.

“Mirisnya, meski sudah sering terjadi kasus yang fungsi matanya hampir hilang karena terkena abu rokok di jalan, tidak membuat pemotor yang merokok jera,” ujar Sony saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Info Jakarta dan Sekitarnya (@kabarjakarta1)

Maka dari itu Sony menyarankan, pengendara motor menggunakan helm full face saat berkendara. Ini dilakukan guna menghindari abu rokok yang bisa masuk kemata.

Tidak hanya itu saja, merokok saat berkendara tanpa disadari juga bisa memicu kecelakaan lalu lintas. Sebab menurut Sony, pemotor yang merokok saat berkendara tidak akan maksimal saat memegang handle grip. Pengendara juga jadi tidak fokus karena pengamatan terbagi ke rokoknya.

Hal ini menyebakan perilaku defensive atau safety riding berupa manuver seperti menghindari objek di depan akan sulit dilakukan.

“Perlu diingat, bahwa jalan raya merupakan fasilitas publik bukan milik sendiri. Oleh sebab itu, jika pemotor ingin merokok, cari lokasi yang diperbolehkan untuk melakukannya, bukan saat berkendara,” kata dia.

Baca juga: [VIDEO] Honda Monkey 2022, Simak Ubahan Versi Terbaru

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.