Apa Itu Sunburn Speedometer pada Motor dan Cara Mengantisipasinya?

Kompas.com - 25/09/2021, 11:02 WIB
Speedometer digital terbakar matahari (sunburn) Dok. Hondacommunity.netSpeedometer digital terbakar matahari (sunburn)

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiap sepeda motor dibekali dengan panel instrumen yang menampilkan beragam informasi terkait kendaraan. Sekarang ini, sudah banyak yang mengaplikasikan panel instrumen digital.

Khususnya, pada sepeda motor yang sudah mengadopsi teknologi injeksi. Sebab, terdapat kode atau pemberitahuan jika motor mengalami masalah.

Baca juga: Bahas Fitur Canggih pada Speedometer Yamaha R15 v4

Dengan fungsinya yang cukup penting, maka speedometer ini juga penting untuk dijaga dan dirawat. Jangan sampai panel instrumen tersebut terbakar matahari atau biasa disebut sunburn.

Speedometer digital terbakar matahari (sunburn)Dok. Gridoto Speedometer digital terbakar matahari (sunburn)

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi mengatakan, kondisi tersebut memang kerap terjadi pada kendaraan yang sudah menganut speedometer digital.

“Tidak jarang konsumen yang mengeluhkan masalah speedometer terbakar. Dulu terjadi pada speedometer Supra 125, dan yang paling banyak juga terjadi pada Honda CS1,” ujar Ribut, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Marak Pencurian Speedometer Truk, Pengusaha Minta Penjagaan Ketat

Speedometer digital yang mengalami sunburn harus diperbaiki, tapi itu pun tidak mudah. Solusi lainnya adalah menggantinya dengan yang baru. Namun, tentu biayanya tidak murah.

Speedometer digital terbakar matahari (sunburn)Dok. Hondacommunity.net Speedometer digital terbakar matahari (sunburn)

Speedometer digital yang terkena sunburn sulit atau bahkan sudah tidak bisa terbaca lagi. Sehingga, sulit bagi pengendara untuk mengetahui kondisi motornya. Bahkan, untuk mengetahui sisa bahan bakar yang ada di tangki.

Menurut Ribut, kerusakan pada speedometer digital disebabkan pada motor yang sering parkir di luar ruangan atau tempat terbuka. Untuk itu, ada baiknya pilih tempat parkir yang teduh atau tidak langsung terkena panas matahari

"Bisa juga ditutup dengan sticker hitam transparan. Jadi, indikator masih tetap terlihat, tetapi aman dari sorotan matahari," kata Ribut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.