Tabrak Beruntun 5 Mobil, Kerap Abai Menjaga Jarak Aman

Kompas.com - 25/09/2021, 08:42 WIB
Tangkapan layar video tabrak beruntun 5 mobil di Tol Japek, Jumat (24/9/2021) pagi. IstimewaTangkapan layar video tabrak beruntun 5 mobil di Tol Japek, Jumat (24/9/2021) pagi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan tabrak beruntun terjadi di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) pada Jumat (24/9/2021), melibatkan 5 mobil.

Menilik video unggahan akun Instagram @onlinebekasi, tampak mobil Nissan Juke yang terletak paling belakang mengalami kerusakan cukup parah di bagian depannya hingga kap mesin menekuk ke dalam.

Berurutan, di depanya ada Kijang Innova yang mengalami penyok pada bagian belakangnya serta bumper depan yang terlihat hampir lepas.

Lalu di depan Kijang Innova secara berurutan ada mobil Toyota Avanza, Datsun Cross, dan Daihatsu Xenia yang posisinya paling depan. Ketiga mobil tersebut nampak tidak mengalami kerusakan yang parah.

Baca juga: Sensasi Kabin All New Honda BR-V, Masih Ada Tanggungnya ?

Kecelakaan tabrak beruntun masih jamak ditemui di sejumlah ruas tol dalam kota. Penyebab utamanya adalah sikap pengemudi yang tidak bisa saling menjaga jarak aman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan bahwa jaga jarak aman antar kendaraan serta turut menjaga kecepatan normal perlu dibiasakan agar dapat mengurangi risiko kecelakaan.

“Dengan melakukan dua hal tadi, pengemudi mampu melihat ke depan dengan jelas. Sehingga bisa mengidentifikasi obyek yang ada di depan berbahaya atau tidak, mampu memprediksi dan menentukan langkah aman untuk menghindar,” ujar Sony kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: PO Sembodo Buka Trayek AKAP Baru Bogor-Padang

Apabila pengemudi dapat membiasakan diri untuk menjaga kecepatan dan jarak aman, maka manuver yang aman bisa dilakukan jika ada hal tak terduga terjadi di depannya seperti kendaraan yang mengerem mendadak.

Meski dapat lebih mudah bermanuver, si pengemudi yang telah menjaga jarak dan kecepatan ini juga tetap perlu berhati-hati agar tidak mencelakakan pengguna jaln lain.

“Jadi segera kurangi kecepatan, lihat spion, dan berpindah lajur untuk mengindar. Jangan sampai manuver yang dilakukan mengganggu arus lalu lintas di jalan tol,” kata Sony menambahkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.