Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/09/2021, 16:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski masih di tengah pendemi Covid-19, namun peluncuran All New Honda BR-V memberikan sensasi tersendiri. Khususnya untuk pasar Indonesia yang sejauh ini di 2021, lebih didominasi suguhan produk penyegaran atau Completely Build Up (CBU).

Apalagi low sport utility vehicle (LSUV) PT Honda Prospect Motor (HPM) ini, melakukan debut dunia secara virtual langsung dari Tanah Air. Hal tersebut karena memang hasil produksi dalam negeri dengan tingkat komponen lokal yang diklaim mencapai 86 persen.

"Sejauh ini yang produksi All New BR-V baru Indonesia, dan kami akan segera melakukan ekspor di awal 2021 nanti, kemungkinan start di Februari atau Maret," ucap Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM kepada media saat bertemu di Jakarta, Rabu (22/9/2021).

Baca juga: Impresi Bertemu Langsung dengan All New Honda BR-V

 

All New Honda BR-VHPM All New Honda BR-V

Nah, usai membahas impresi eksterior, interior, mesin, dan fitur, berikut redaksi rangkum fakta-fakta soal generasi kedua BR-V yang sudah resmi mengaspal perdana di Indonesia.

Honda merancang BR-V baru dengan mobil konsep N7X yang mengedepankan tiga nilai inti, yakni SUV Value, MPV Value, dan Driving Pleasure. Ketiganya dikolaborasikan sehingga menghadirkan sebuah mobil yang manawarkan kenyamanan layaknya mengendari jet pribadi.

Rasa SUV direpresentasikan dari desain kokoh dan jenjang kaki alias ground clearance yang tinggi. Tak lupa ada beberapa sentuhan modern yang ikut diberikan dari desain sleeknee on cross motion-nya.

Sementara interior, menyajikan kenyamanan sebuah MPV melalui kelapangan kabin, utilitas, dan ditambah ragam fitur baru yang makin berlimpah. Honda juga merancang area kokpit dengan konsep driver oriented guna memberikan kemudahan bagi pengendaranya.

BR-V baru juga dihadirkan dengan ragam perangkat canggih untuk memberikan nilai lebih bagi pemiliknya yang fokus pada kemudahan dan kenyamanan.

 

Mulai dari remote engine start yang berguna untuk menyalakan mesin dan mengaktif AC jarak jauh tanpa harus masuk ke dalam mobil dan remote keyless entry.

All New Honda BR-VHPM All New Honda BR-V

Selain itu, walk away auto lock juga hadir yang diklaim jadi fitur pertama di segmennya. Teknologi ini dapat mengunci otomatis ketika pengendara meninggalkan kendaraan, memegang kunci berada 2 meter atau lebih dari kendaraan, dan saat tidak ada kunci lain yang terdeteksi di dalam kendaran.

Dapur pacu BR-V kini sudah menggunakan mesin yang sama dengan City Hatchback RS, yakni 1.5L i-VTEC Double Over Head Camshaft atau DOHC. Tenaga yang dihadirkan sebesar 121 Ps atau setara 191,3 tk pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm di 4.300 rpm.

Baca juga: Adopsi Mesin City Hatchback, BBM BR-V Baru Lebih Irit 3 Persen

All New Honda BR-VKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Honda BR-V

Melalui mesin yang sudah memenuhi standar emisi Euro 4 dan memiliki teknologi kontrol katup tinggi (DOHC+VTEC+VTC), BR-V generasi kedua diklaim lebih irit 3 persen dibanding model sebelumnya.

Tingkat stabilitas juga dioptimalkan pada beberapa area sasis untuk memberikan sensasi fun to drive yang lebih baik. Dengan platform baru, bobot keseluruhan BR-V tereduksi tanpa mengorbankan kinerja keamanan dari benturan melalui peningkatan high-tensile steel sebesar 24 persen.

Selain itu, jarak sumbu roda juga lebih panjang 40 mm dari model lama. Hal tersebut juga memberikan dampak pada perubahan dimensi keseluruhan BR-V baru dengan detail, panjang 4.490 mm (+34), lebar 1.780 (+45), tinggi 1.685 mm (+19), ground clearance 220 mm (+19), dan wheelbase 2.700 mm (+38).

Untuk pertama kalinya, BR-V juga disematkan perangkat keselamatan Honda Sensing menggunakan front wide view camera yang dapat mendeteksi fitur target dan mengenali berbagai objek, seperti kendaraan atau pejalan kaki.

All New Honda BR-VHPM All New Honda BR-V

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com