Ini Rasanya Geber RX-King Berjantung Listrik, Enggak Berisik

Kompas.com - 24/09/2021, 17:41 WIB
Yamaha RX-King listrik Foto: KOMPAS.com/AdityoYamaha RX-King listrik
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesan bengis Yamaha RX-King sebagai "motor jambret" era 90'an sedikit banyak lungsur di motor ini. Bukan karena tampilannya, tapi karena jeroannya yang milenial.

Motor 2-tak yang terkenal berisik dan ngebul itu berubah jadi senyap dan ramah lingkungan, tanpa asap tanpa suara. Sebab motor sudah dimodifikasi atau dikonversi bertenaga listrik.

Kompas.com mendapat kesempatan mencicipi RX-King elektrik yang sudah berganti nama jadi RX-Ohm ini. Sekadar merasakan keasyikan motor legendaris yang kini ikut tren elektrifikasi.

Baca juga: Kawasan Crowd Free Night Diperluas, Tambah 4 Titik

Yamaha RX-King listrikFoto: KOMPAS.com/Adityo Yamaha RX-King listrik

Soal tampilan bisa dikatakan masih sama dengan motor standar. Sang empunya memang ingin mempertahankan tampilan standar. Bedanya ialah motor sudah tidak pakai knalpot dan rantai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pertama duduk di RX-Ohm hampir tidak ada beda dengan motor biasa. Paling hanya detailnya saja yang berubah. Panel meter kini sudah digital dan ada penunjuk buat kapasitas baterai.

Motor punya tiga mode berkendara. Mode paling tinggi bisa meraih kecepatan 80 kpj. Tentu makin kencang maka daya baterainya lebih cepat habis, sedangkan kalau pakai eco mode pakai yang mode bawah.

Perbedaan lain yaitu sudah tidak pakai kopling, dan tuas persneling alias gigi di sebelah kiri hilang. Sedangkan di sebelah kanan masih ada tuas rem kaki buat rem belakang.

Kompas.com memakai mode paling tinggi, karena penasaran dengan jambakan RX-King listrik. Saat gas dipelintir motor langsung "ngacir" tapi dengan perasaan yang lumayan "aneh."

Baca juga: Cuaca Panas dan Hujan Tak Menentu, Jangan Lupa Cek Air Wiper

Yamaha RX-King listrikFoto: KOMPAS.com/Adityo Yamaha RX-King listrik

Mengapa demikian karena sekali lagi RX-King biasanya berisik sedangkan ini hening. Satu-satunya bunyi yang terdengar ialah bunyi suspensi belakang yang menahan redaman.

Kemudian tidak ada getaran seperti mesin konvensional. Buat pemakai motor listrik hal tersebut memang biasa saja. Tapi sekali lagi, jadi tak biasa karena yang dipakai ialah RX-King.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.