Dovi Mengaku Masih Adaptasi dengan Yamaha M1

Kompas.com - 24/09/2021, 10:42 WIB
Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021 Gold and GooseAndrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Andrea Dovizioso kembali balapan di MotoGP dengan bergabung bersama tim satelit Petronas Yamaha Sepang Racing Team (SRT). Sudah banyak lap dilakukan dengan YZR-M1, tapi Dovi mengaku masih butuh waktu untuk adaptasi.

Sesi tes yang digelar dua hari di Sirkuit Misano setelah MotoGP San Marino sangat membantu dirinya untuk menambah jam terbang, khususnya dengan Yamaha M1.

Baca juga: Komentar Dovizioso Soal Balapan Pertamanya Pakai Yamaha

"Dua hari ini sangat penting, karena saya bisa mengembalikan banyak kilometer dengan motor, dan itu bagus. Kami mencoba setting berbeda dan beberapa hal yang berbeda," ujar Dovi, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (23/9/2021).

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

Dovi menambahkan, penting bagi dirinya untuk memahami motor dan reaksinya terhadap perubahan yang dibuat pada motor. Apalagi, ketika dia berada di belakang Fabio Quartararo yang juga menggunakan Yamaha.

"Saya ingat dengan baik apa yang terjadi pada 2012, dan itu benar-benar sama. Saya harus mengubahnya kembali di setiap trek, karena motor ini butuh pendekatan yang sepenuhnya berbeda di setiap trek," kata Dovi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Finis Posisi Buncit di Misano, Dovizioso Anggap Sudah Bagus

Menurutnya, itu adalah hal yang bagus. Sebab, ketika sadar harus melakukan sesuatu yang berbeda, itu bagus karena Anda tahu area mana yang perlu dikerjakan.

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

"Menurut saya, butuh waktu untuk mengubah itu. Jika saya membalap secara insting, itu tidak akan terjadi, tapi itulah pekerjaan yang harus kami lakukan bersama tim. Untungnya, kami masih punya empat seri dan satu sesi tes untuk itu," ujar Dovi.

Secara catatan waktu, Dovi mengalami peningkatan. Pada Q1, dia mencatatkan 1 menit 33,493 detik. Saat balapan, di mana dia berada di urutan terakhir, catatan waktu terbaiknya 1 menit 33,098 detik.

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

Saat sesi tes, Dovi menyelesaikan hari pertama dengan selisih waktu 1,246 detik dengan pebalap tercepat. Lalu, pada hari kedua, dia mencatatkan waktu 1 menit 32,665 detik, terpaut 1,141 detik dari pebalap tercepat.

"Kami meningkatkan motor sedikit. Berdasarkan apa yang saya lihat sejauh ini, Yamaha biasanya tidak mengubah banyak hal. Sebab, mereka tahu motor ini sangat baik dan sudah tahu apa yang dapat bekerja dan tidak," kata Dovi.

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021Gold and Goose Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021

Menurut Dovi, peningkatan catatan waktu yang diraihnya adalah berkat kerja sama tim, sehingga dia dapat beradaptasi dengan motornya.

"Saya masih berada di belakang, tapi bukan yang terakhir. Kecepatannya masih bisa diterima. Sebelum saya ke Misano, tujuan saya adalah bangkit dengan kecepatan yang sama dengan grup. Lalu, mulai bekerja pada beberapa detail agar lebih kencang. Dari sini, kami bisa puas," ujar Dovi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.