Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andrea Dovizioso Kembali ke MotoGP, Resmi Gabung Petronas Yamaha

Kompas.com - 17/09/2021, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Andrea Dovizioso akhirnya akan kembali balapan di MotoGP. Setelah membantu Aprilia dalam beberapa sesi tes, Dovi akhirnya akan menjadi pebalap tim satelit Petronas Yamaha Sepang Racing Team (SRT).

Dovi dikontrak langsung oleh Yamaha Motor Company (YMC), tidak melalui Petronas Yamaha SRT. Dia akan menjadi pebalap Yamaha mulai dari sisa musim 2021 ini hingga akhir musim 2022.

Dovi mendapat kesempatan karena buntut dari perceraian Maverick Vinales dengan Yamaha. Sehingga, Franco Morbidelli bisa menggantikan Vinales, dan Dovi menggantikan Morbidelli.

Baca juga: Aleix Kecewa Dovi Tidak Terima Tawaran Aprilia di MotoGP Austria

Managing Director of Yamaha Motor Racing Lin Jarvis, mengatakan, pihaknya sangat senang menerima Dovi bergabung lagi dengan Yamaha.

Andrea Dovizioso resmi jadi pebalap Petronas Yamaha Sepang Racing TeamDok. SIC Racing Team Andrea Dovizioso resmi jadi pebalap Petronas Yamaha Sepang Racing Team

“Kami telah menemukan diri kami dalam keadaan yang belum pernah terjadi sebelumnya tahun ini yang mengakibatkan masalah pebalap yang sama sekali tidak terduga untuk kedua tim Yamaha. Kami mengalami beberapa peristiwa yang tidak terduga dan tidak menguntungkan, tetapi kami telah mampu mengubah masalah menjadi peluang baru," ujar Lin Jarvis, dalam keterangan resminya.

Lin Jarvis menambahkan, Dovi telah absen dari MotoGP untuk cuti pendek. Tapi, dirinya yakin pebalap sekaliber Dovi akan segera menemukan kecepatannya lagi.

"Kami sangat menantikan untuk bekerja dengannya sebagai anggota tim satelit Yamaha, dan kami akan mendukungnya dengan segala cara yang kami bisa,” kata Lin Jarvis.

Baca juga: Dovi Banyak Bantu Aprilia, Peluang Jadi Wildcard?

Dovi mengatakan, balapan bersama Yamaha selalu menjadi mimpinya. Ketika kesempatan datang, dia pun mengaku dia berpikir dua kali untuk menerimanya. Meskipun, ini akan menjadi tantangan berat baginya.

Andrea Dovizioso saat menjadi pebalap tim satelit Monster Tech 3 Yamaha pada 2012 lalu. AFP PHOTO/LLUIS GENE (Photo by LLUIS GENE / AFP)LLUIS GENE Andrea Dovizioso saat menjadi pebalap tim satelit Monster Tech 3 Yamaha pada 2012 lalu. AFP PHOTO/LLUIS GENE (Photo by LLUIS GENE / AFP)

"Saya punya banyak hal untuk dipelajari, motor baru, tim baru, sistem kerja baru. Ini tantangan besar yang dimulai di Misano, GP rumah saya. Ini membuatnya semakin menarik. Saya tidak bisa menunggu untuk menaiki M1 saya!” ujar Dovi.

Yamaha YZR-M1 tidak benar-benar asing bagi Dovi. Sebab, pada 2012 lalu dia pernah juga menjadi tim satelit Yamaha yang pada saat itu masih bersama Tech3.

Andrea Dovizioso saat menjadi pebalap tim satelit Monster Tech 3 Yamaha pada 2012 lalu.  AFP PHOTO / LLUIS GENE (Photo by LLUIS GENE / AFP)LLUIS GENE Andrea Dovizioso saat menjadi pebalap tim satelit Monster Tech 3 Yamaha pada 2012 lalu. AFP PHOTO / LLUIS GENE (Photo by LLUIS GENE / AFP)

Saat bersama Yamaha, Dovi juga memiliki hasil yang luar biasa. Dovi enam kali finis di posisi ketiga dan berakhir di peringkat keempat pada klasemen.

Musim ini, Dovi yang menjadi rekan setim Valentino Rossi akan menggunakan motor bekas Morbidelli, yakni YZR-M1 versi 2019. Untuk musim 2022, baru akan mendapat M1 dengan spesifikasi pabrikan dan dukungan penuh dari Yamaha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com