MV Agusta Rilis F3 RR 2022, Pakai Aero Body Sangar

Kompas.com - 23/09/2021, 14:41 WIB
MV Agusta F3 RR 2022 Foto: GreatbikerMV Agusta F3 RR 2022
|


JAKARTA, KOMPAS.com - MV Agusta resmi merilis MV Agusta F3 RR 2022. Mengisi puncak jajaran keluarga F3, motor memiliki tampilan yang lebih sangar ketimbang saudaranya.

Dapat dilihat tampilan luarnya lebih agresif. Bagian samping dihiasi sirip-sirip yang diklaim membantu menciptakan daya tekan ke bawah alias down force saat kecepatan tinggi.

Baca juga: Kecelakaan Lalu Lintas Jadi Kontributor Ketiga Kematian di Indonesia

Fairing dengan jumlah tiga sirip tersebut diklaim mampu menciptakan daya tekan seberat 8 kg di bagian depan saat motor meraih kecepatan 240 kpj.

MV Agusta F3 RR 2022Foto: Greatbiker MV Agusta F3 RR 2022

Mengutip Greatbiker, windshield dibuat lebih dalam agar pengendara bisa menghindari tubrukan udara dari depan. Kemudian posisi pijakan kaki direvisi agar lebih sesuai dengan pengendara.

Rancang bangun F3 RR pada dasarnya mirip dengan F3 Rosso yang sudah meluncur lebih dulu. Kapasitas mesinnya sama yaitu 798cc menghasilkan 147 tk tapi putaran mesinnya berbeda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Putaran mesin F3 RR mencapai 13.200 rpm lebih tinggi 200 rpm ketimbang F3 Rosso. Kompresi mesin sama yaitu 13,3:1 pun dengan bobot keseluruhan yakni 173 kg tanpa bensin.

Piranti yang dipakai juga tidak beda jauh. Suspensi depan dari Marzocchi sedangkan belakang monosock dari Sachs. Panel intrumen layar TFT yang dapat terhubung ke ponsel.

Baca juga: Pasar LCGC Kembali Pulih Agustus 2021, Calya Sigra Tekuk Brio Satya

MV Agusta F3 RR 2022Foto: Greatbiker MV Agusta F3 RR 2022

Tapi bukan berarti F3 RR sama persis degan F3 Rosso. Rancang bangunnya berbeda. Konstruksi sasis F3 RR baru, materialnya campuran antara alloy dan besi. Kemudian joknya pakai kulit Alcantara.

Buat yang doyan "ngebut" MV Agusta membekali F3 RR dengan race kit yang dijual terpisah.

Ragam aksesori penunjang performa ini cukup banyak, mulai jok tunggal, cover penutup tangki, tuas rem dan kopling yang bisa terlipat sehingga jika jatuh tidak patah.

Kemudian tersedia pilihan knalpot dari Akrapovic yang disebut mampu meningkatkan tenaga sebesar 6 tk menjadi 155 tk. Sekaligus mengurangi bobot hingga 8 kg menjadi 165 kg.

MV Agusta F3 RR 2022 dibanderol mulai dari 21.900 euro atau setara Rp 364 jutaan, lebih mahal dari F3 Rosso. Pesaingnya hanya satu sesama merek Italia yaitu Ducati Panigale V2.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.