Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/09/2021, 18:31 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pebalap MotoGP berkebangsaan Spanyol yang sangat luar biasa. Tapi, pebalap asal Italia pun sekarang ini juga mulai kompetitif.

Sebelumnya, pebalap Italia yang sering kali berada di barisan depan hanya ada beberapa, seperti Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso.

Baca juga: Pesan Terbuka Bos Ducati untuk Fans Valentino Rossi

Sekarang ini, MotoGP kedatangan banyak pebalap Italia, khususnya dari VR46 Academy, seperti Franco Morbidelli, Francesco Bagnaia, dan Luca Marini.

Franco Morbidelli saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Franco Morbidelli saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

"Menurut saya, Italia di MotoGP dalam situasi yang bagus, juga tanpa saya. Ini positif untuk semua pergerakan di Italia," ujar Rossi, dikutip dari Motorsport.com, Rabu (22/9/2021).

Rossi menambahkan, ada Bagnaia yang tahun ini sudah bersaing untuk juara dunia, begitu pula untuk tahun depan. Selain itu, ada Morbidelli yang diyakini akan sangat kuat di tim pabrikan Yamaha.

Baca juga: Momen Haru Valentino Rossi dengan Fansnya di Misano

"Dari sisi Academy, kami juga punya adik saya dan mungkin Bezzecchi. Ini belum diputuskan, belum resmi, tapi saya pikir kami akan punya dua pebalap yang sangat kencang seperti yang mereka tunjukkan di Moto2," kata Rossi.

Valentino Rossi dan Luca MariniFoto: Motorsport-Total.com Valentino Rossi dan Luca Marini

Ada juga pebalap Italia lainnya dari luar VR46 Academy, yakni Enea Bastianini. Pebalap tim satelit Ducati tersebut merupakan juara dunia Moto2 2020

Bastianini juga tampil mengesankan belum lama ini di MotoGP San Marino. Dia berhasil naik podium dengan finis di posisi ketiga setelah start dari urutan ke-12.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP San Marino. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP San Marino. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

"Bastianini bukan pebalap kami, tapi dia sangat luar biasa, dia sangat cepat. Sepanjang akhir pekan dia membalap luar biasa, dia juga meraih lap tercepat. Dia bisa memiliki masa depan yang sangat kuat," ujar Rossi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com