Polisi Kembangkan e-AVIS, Ujian Teori SIM Bisa dari Rumah

Kompas.com - 22/09/2021, 18:12 WIB
Ujian teori online menggunakan aplikasi e-AVIS di SATPAS SIM Polda Metro Jaya, Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat. Dok. SATPAS SIM Polda Metro JayaUjian teori online menggunakan aplikasi e-AVIS di SATPAS SIM Polda Metro Jaya, Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian RI sedang bersiap untuk merilis Electronic Audio Visual Integrated System (e-AVIS), aplikasi yang ditujukan untuk ujian teori pembuatan surat izin mengemudi (SIM) secara online

Ini berarti ke depannya, masyarakat tidak hanya bisa melakukan perpanjangan SIM secara daring, tapi juga bisa mengikuti ujian teori sebagai salah satu syarat wajib pembuatan SIM.

"E-AVIS itu ujian teori online untuk SIM, jadi kita memungkinkan masyarakat untuk melakukan ujian teori itu di rumah atau tidak harus datang di sini (SATPAS SIM)," kata Ipda Ambar, Pamen Teori Satpas SIM Polda Metro Jaya (Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat) dilansir dari Kompas.com, Rabu (22/9/2021).

Baca juga: Resmi Meluncur, Berapa Harga Honda BR-V Terbaru?

Ambar menjelaskan, nantinya pemohon dipersilakan untuk mendaftar dan dilanjutkan membayar biaya pembuatan SIM seperti biasa dengan tarif normal. Pemohon lantas diberikan nomor registrasi untuk dimasukkan ke aplikasi e-AVIS dan bisa langsung mengerjakan ujian teori.

"Di aplikasi itu ada fitur face recognition jadi selama mengerjakan itu dipastikan wajahnya pemohon yang mengerjakan," kata Ambar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hingga saat ini, belum ada kabar mengenai tanggal pasti perilisan aplikasi tersebut. Meski begitu, telah dilakukan uji coba pada 8 September kemarin di Satpas SIM Daan Mogot dan Satpas SIM Polrestabes Bandung.

Baca juga: Pesan Terbuka Bos Ducati untuk Fans Valentino Rossi

Jika sesuai rencana, selanjutnya e-AVIS akan dilakukan uji coba kembali di Satpas SIM Polrestabes Semarang dan Polrestabes Surabaya.

Dengan kehadiran e-AVIS, diharapkan praktik calo pembuatan SIM dapat lebih ditekan. Sebab proses pengerjaan ujian teori diawali dengan pemeriksaan wajah pemohon melalui fitur face recognition.

Walau nantinya e-AVIS akan dirilis dan bisa digunakan secara umum, pemohon yang akan membuat SIM masih tetap perlu datang ke Kantor Satpas. Hanya saja sudah tidak perlu lagi mengikuti ujian teori di lokasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.