Kompas.com - 22/09/2021, 16:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki kendaraan di Indonesia tentu harus memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). STNK digunakan sebagai administrasi kendaraan, di mana harus diperbarui setiap tahun.

Memperbarui STNK atau biasa dikenal dengan perpanjang STNK terdiri dari dua, ada yang dibayar tahunan, ada juga per lima tahun. Untuk perpanjang STNK per lima tahun, ada biaya tambahan yang harus dibayar pemilik kendaraan.

Perpanjangan STNK per lima tahun ini juga sekalian mengganti Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau pelat nomor. Hal ini bisa dilihat pada bagian bawah pelat nomor, ada tahun berlakunya TNKB tersebut.

Baca juga: Yamaha R15 v4 dan R15M Resmi Meluncur, Dibanderol Rp 32 Jutaan

Fasilitas cek fisik mobil dianggap kurang besar sehingga menimbulkan antrean panjang di Samsat Kebon Nanas, Selasa (12/12/2017)stanly Fasilitas cek fisik mobil dianggap kurang besar sehingga menimbulkan antrean panjang di Samsat Kebon Nanas, Selasa (12/12/2017)

Bedanya dengan perpanjang STNK tahunan, ketika lima tahunan harus membawa kendaraan ke Samsat. Hal ini dilakukan untuk mengecek fisik, baik nomor rangka dan mesin.

Kemudian ada juga tambahan biaya untuk penerbitan STNK dan TNKB. Soal biayanya, jangan khawatir, karena sudah diatur pada PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Baca juga: Colove Cobra 321RR, Bakal Lawan CBR250RR dan Ninja 250

Untuk biaya administrasi STNK baru, akan dikenakan biaya sebesar Rp 100.000 untuk roda dua dan Rp 200.000 untuk roda empat. Sedangkan biaya untuk penerbitan TNKB baru yakni sebesar Rp 60.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 100.000 untuk kendaraan roda empat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.